Sangjit Day

Nama: Angelina Cynthia

Hobby: Lupa Update Blog

IMG_0465a

Hahahaha, sorry guys, aku lagi bener – bener sibuk banget urus pernikahan aku yang tinggal 1 bulan lagi. Time fliest too fast, sampe mau nafas aja susah banget, saking padatnya jadwal #lebay. Tapi bener loh setiap weekend aku pasti ada schedule meeting sama vendor-vendor wedding ku mulai dari invitation, bridal, souvenir, baju mama, adik, bridesmaid, wedding organizer. Arrggh… I need more vacation rasanya… Pengennya sih vacation nya sekalian pas honeymoon. Tapi boro-boro mo urus schedule buat honeymoon, aku n Ritchie tuh orangnya terorganisir banget lebih lebih dari tour leader tiap kali mo travelling, pasti uda siapin itinerary yang detail and super duper lengkap biar gak kesasar, walau pasti ada kesasarnya juga sih kadang-kadang ^ ^ #gubrakmemang. Tapi tetep pengen travelling sih abis wedding T_T #kodekeras.

 

IMG_2697

So di post kali ini aku mo cerita sedikit soal acara sangjit kemarin.  Karena family aku dan Ritchie keturunan Chinese or Etnis Thiong Hoa so kita decide untuk seserahan dalam tradisi Chinese or biasa lebih familiar orang-orang bilang Sangjit. Sangjitnya dilaksanakan kurang lebih satu bulan sebelum hari H resepsi, di salah satu resto di kawasan Jakarta. Dengan alasan lebih simple, praktis, dan gak perlu repot ^^.

 

IMG_0283

Well, my parents nggak terlalu banyak nuntut n request ke pihak keluarga Ritchie, cuma karna aku anak perempuan pertama yang keluar, mama minta minimum dipersiapkan 8 baki. Eh gara” isinya udah kepenuhan dan nggak akan muat kalo dipaksa 8 baki jadi beranak cucu deh tambah 2 baki lagi, dan akhirnya di revisi ke 10 baki. Nah aku discuss sama Ritchie biar isinya sesuai dengan yang kita mau dan akan kita pakai juga nanti, jadi gimana kalo kita berdua aja yang siapin? Toh isinya dari kita, untuk kita juga khan. Kalo orang tua yang beli selain akan repotin mereka, belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita dan takutnya malah akan terbuang sia-sia. Benar saudara-saudara? ^0^ #excuse

Nah berikut list items-items yang dikasi pihak cowo untuk cewe dan sebaliknya semoga bisa membantu kalian yang prepare mau sangjitan dan masih bingung perlu beli barang apa aja.

 

IMG_0461

Ritchie —> Cynthia

1. Kosmetik or Skin Care : karena aku sekarang jarang makeup (only di special event), jadi aku bilang sama Ritchie, beli Skin Care aja deh lebih kepake, dan aku juga rutin pake tiap hari, kalo makeup ntar ambil dari stock aku aja masih ada beberapa yang baru, hehehe ciee yang bantu pengiritan buat cami.

2. Sepatu, Baju dan Tas: Maksudnya adalah segala keperluan sandang aku akan dipenuhi oleh Ritchie. Nah untuk sepatu high heels aku bilang juga sama doi, gimana kalo pake yang buat Hari H wedding aja? aku jarang pake heels juga, wong sehari-hari pake slipers alias sandal jepit. Cieee yang bantu menghemat lagi.

3. Satu set perhiasan: anting, kalung, cincin, gelang. Nah kalau untuk urusan yang satu ini aku uda bilang sama Ritchie dari jauh-jauh hari, biar kamu nggak berat, kita belinya nyicil dan bertahap. Kalo sekaligus khan terasa banget.

4. Uang Lamaran, Uang Susu, Uang Popok, Uang Saudara: Sebenarnya yang umum biasa orang pake secara adat itu dua angpao yang terdiri dari uang susu dan uang lamaran. Tapi karna ini request dari mamaku dia bilang, dari dulu adat keluarga besar kita menggunakan empat macam uang yang aku sebutkan tadi, jadi ya sudah kami ikuti aja biar aman ^ ^. Untuk uang lamaran mama ku cuma ambil bagian paling atas satu lembar, tengah satu lembar, dan bawah satu lembar. Mamaku bilang dia nggak jual anak, kalau di ambil semuanya, orang tua ga berhak ikut campur lagi dalam hidup anaknya setelah menikah. Dan biasanya kalau diambil semuanya pihak keluarga wanita juga yang harus menanggung biaya pesta pernikahan. Untuk uang susu, popok diambil sepenuhnya oleh mama sedangkan uang saudara diberikan untuk kedua adikku.

5. Dua botol Red Wine dan Dua pasang Lilin Merah bergambarkan burung Hong di ikat pita merah:  Pihak mempelai wanita hanya akan mengambil 1 pasang lilin saja sedangkan Red Wine akan ditukar dengan sirup merah.

6. Dua belas buah Apel, Dua belas buah Jeruk, Dua belas buah Pear: untuk buah-buahan ini karna jumlahnya agak banyak aku bagi jadi 2 baki, kasian juga sama om tante yang angkat bakinya kan.

7. Dua belas Kalengan Kaki Babi, Dua belas buah kalengan Longan, Dua belas buah kalengan kacang polong: Untuk kaleng-kalengan, saran aku kalian bisa beli di pasar atau agen sembako, karna harganya jauh lebih murah banget kalau beli di pasar traditional dibanding dengan supermarket. Sebagai perbandingan harga 1 kaleng longan  IDR 22.000 kalau kalian beli di pasar, dan IDR 36.000 kalau kalian beli di supermarket. So be a smart buyer. Untuk baki kaleng-kalengan aku bagi jadi 2 juga, karena super duper berat. Bisa berotot lengan om tante yang angkat baki, hehehe.

8. Dua Belas Paket Kue Hokkian Pia: aku rada malas beli satu per satu memang harganya jadi lebih murah, tapi ribetnya ga sebanding, karna nantinya kue pia dkk ini akan di bagi buat family dekat yang dituakan. Kalau kata mamaku jadi ngundangnya gak pake invitation tapi pake kue-kue kering ini. Aku pesan paket kue Hokkian Pia di Bakpao A 1, lebih praktis udah di paketin satu-satu dalam dus cantik dan tinggal dibagikan ke family. Oh ya kalau kalian ada yang menggunakan adat Theo Chew , si Bakpao A 1 juga menyediakan paket kue untuk pasangan Theo Chew. Kebetulan aku dan Ritchie menggunakan adat Hokkian.

Nah untuk No. 5-8 di atas akan di bagi jadi dua, sebagian untuk pihak wanita, dan setengahnya lagi akan di kembalikan kepada pihak pria. Kebetulan aku sudah mengatur sedemikian rupa supaya baki sangjit aku gak berantakan di acak-acak. Misalnya seperti buah-buahan dan kaleng-kalengan udah aku bagi jadi 2 baki. Jadi yang akan di ambil hanya 1 baki sisanya yang satu lagi akan di kembalikan ke pihak pria.

IMG_0130

Cynthia —> Ritchie

1. Dua puluh Bakpao Mini + Dua Bakpao Raksasa ukuran Diameter 20cm : urusan ini aku percayakan sama Pao Pei, selain rasa bakpaonya enak bentuk pao nya juga cantik berupa bunga mawar gitu, jadi selain enak dimakan, enak dipandang juga. Bakpao ini nantinya akan dibagi separuh juga oleh pihak keluarga Ritchie.

2. Perfume, Baju, Celana, Jam Tangan, Dompet, Sepatu, Belt, Cufflinks : aku jadiin satu baki karna walaupun itemsnya banyak tapi sizenya tidak terlalu besar, so muat-muatin aja deh biar hemat baki, hehehe. Nantinya barang-barang seperti sepatu, jam tangan, perfume, cufflinks, belt akan dipakai Ritchie pada hari H wedding.

3. Sirup Merah : Ini untuk di tukar dengan red wine, kata Ritchie dunia ini memang tidak adil, Red Wine kok ditukarnya sama sirup merah, hehehe.

4. Permen Manis : Permen manis nya sudah aku kemas se-unik dan se-unyu mungkin, supaya saat berakhirnya acara, bisa aku bagi-bagikan ke all big families. Beneran aja pas tutup acara laris manis ni permen di serbu karna box packagingnya yang cute banget.

IMG_0133

Nah baki-baki di atas gak pake jasa sewa box, dekor, atau apapun itu, murni hunting box seserahan, dekorasi sendiri, dan hasil kreasi sendiri. Semuanya aku kerjakan bareng my sisters, my mom, n Ritchie. Karna aku sudah survey  dan check n re check di beberapa tempat penyewaan box sangjit, harganya tergolong cukup mahal untuk rent and dekorasi start from IDR 200.000 /box.

 

IMG_0152Untuk susunan acaranya sendiri tidak ada aturan baku. Waktu aku sangjit kemarin pihak keluarga besar aku sudah ready on the spot pukul 10 pagi, dan aku meminta keluarga besar Ritchie untuk datang pukul 11 Pagi. Sebelumnya aku sudah membeli 1 loyang kue lapis legit dari toko bakery favourite dan minta di potong menjadi beberapa bagian. Kue tersebut aku bagi-bagikan ke setiap meja untuk all big families sebelum mereka datang. Maknanya supaya rezeki berlapis-lapis seperti kue lapis legit ^0^ #katanyasihbegitu.

 

IMG_0173

Tepat pada pukul 11 pagi, pihak keluarga Ritchie sudah siap dan mamaku meminta untuk family yang sudah menikah berbaris untuk menerima baki seserahan. Seserahan diberikan satu per satu secara berurutan, mulai dari seserahan untuk orang tua mempelai wanita, lalu untuk mempelai wanita, dan seterusnya. My Mom + Ritchie’s Mom sudah siap sedia berdiri disamping untuk saling memberikan angpao kepada pembawa dan penerima baki satu per satu.

 Pembicaraan dimulai oleh orang yang di tuakan dalam keluarga Ritchie, dalam hal ini, kakeknya Ritchie yang membuka pembicaraan tujuan kedatangan rombongan keluarga besar Ritchie ke tempatku. Dilanjutkan dengan acara ramah tamah, doa dan makan siang bersama. Setelah itu ditutup dengan pengembalian sebagian nampan yang udah aku sebutkan tadi, 1 baki kaleng-kalengan, 1 baki buah-buahan, 1 baki berisi  sepasang lilin + sepasang sirup merah, 1 baki kue kering seperti pia, teng-teng dkk, 1 baki pakaian, parfum, jam tangan dkk, 1 baki bakpao. Total aku kembaliin 6 baki ke Ritchie, karna keranjang yang berisikan permen manis langsung  aku bagi-bagikan ke big families sambil mingle just right after the event finished.

 

IMG_2743Maaf OOT sedikit, this is my nail art on the day pas sangjit… ^0^

Just Info:

Adapun yang aku tuliskan diatas, murni dari apa yang aku tau dan ini permintaan dari my parents ke Ritchie’s family, dan gak bisa dibandingkan dengan tradisi keluarga yang lain. Karena setiap keluarga berbeda tradisi, adat dan budaya. Nah, tapi karena tradisi, memang nggak ada yang 100% benar. Paling benarnya dimata keluarga masing-masing, hahaha.

Okay well that’s it from me, preparation yang panjang dan melelahkan ini akhirnya berakhir dalam kurun waktu beberapa jam saja saudara-saudara ^0^. Hebohnya uda seamit-amit, takes a lot of effort, energy, and  so much time. But at the end we were super duper happy, karna acaranya berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Yeayy give big applause for us, satu PR lagi selesai!! Lega banget rasanya, but we still have another of home work waiting for us. So let’s get started! ^0^

 

IMG_0475

Special Thanks to Ritchie’s Big Families & Cyn’s Big Families

Yellow Sangjit Dress By: Hanny Dress Maker – ITC Mangga Dua LT 4 Blok B no 1 – A (HP 0898-8183883)

Makeup By: Me ^ ^

Nail Art:  Tress Belle Salon & Bridal – Komplek Daan Mogot Baru, Jl. Jimbaran Blok. 5B No.1, Jakarta.

Hairdo: Tress Belle Salon & Bridal – Komplek Daan Mogot Baru, Jl. Jimbaran Blok. 5B No.1, Jakarta.

Restaurant by:  Sanur Resto Mangga Dua – Rukan Garden House Blok RGA 06-07 – Pantai Indah Kapuk.

Baki Seserahan by: Harapan Craft – Pasar Mayestik Lantai Semi Basement Blok A No.59 Kebayoran Baru.

Candy Box Packaging by: PARTYTIME.JKT (WA: 081316531354)

Bakpao: Paopei (0821-1310-8012)

Hokkian Pia Packages: Bakpao A 1

Photography by: D’journal of Life

 

Love,

Cynthia

Share

17 comments

  1. Kathy says:

    Hi cin,
    Glad to read so many useful information above. Anyway, mau tanya dong. Kalo baki yg dr kita untuk pasangan, itu dari awal kita taro di meja atau ikutan dibawa dulu yah sama keluarga pasangan baru nanti kita balikin lg? Thx

    • Angelina Cynthia says:

      Hi Kathy,
      Kalau di acara aku kemarin, untuk baki dari pihak perempuan untuk keluarga laki – laki di taruh di meja dulu.
      Nanti di akhir acara, wali dari keluarga perempuan berbaris berhadapan dengan wali dari pihak keluarga pria, untuk memberikan baki yang dari kita untuk pasangan.

    • Angelina Cynthia says:

      Hi Jes, ini box sangjitnya bukan acrylic sih, tutupnya dari mika, aku beli di Harapan Craft, pasar Mayestik. Harganya bervariasi tergantung ukuran, sekitar 65rb an. Coba kamu contact Harapan Craft di linenya Renata Putri.

  2. Elisabeth says:

    Hi Sis,

    Boleh dishare foto makanan/barang seserahan dari pihak cowo ke Sis? Need your reference urgently, as 2 bulan lagi akan ada hajatan tp msh blank.

    Thanks

    • Angelina Cynthia says:

      Sudah di list lengkap dan komplit sis apa saja yang dikasi pihak cowo ke cewe di blog post, kalau foto hanya ada yang di blog, tidak di post satu per satu karena terlalu panjang nanti blognya….

    • Angelina Cynthia says:

      Kuat kok say itu bakinya kalengan total 36 kaleng aku bagi jadi 2 baki , masing – masing baki 18 kaleng, karena terlalu berat kasian yang angkat bakinya. Jadi pas pulang langsung tinggal bagi baki, 50-50 pihak cowo setengah, pihak cewe setengah

  3. Kal says:

    Hai, blog km bantu bgt.. ak nyontek dr tulisa blog km ini…
    Mau tanya, pas red wine + lilin 2 pasang, km langsung pisahin lili nya atau gak? Krn nanti nya pihak cewe balikin sirup merah & lilin nya kan 1 pasang?
    Thanks ya

  4. Cath says:

    First, makasih ya sis, infonya sangat berharga dan memberi pencerahan.
    Mau nanya sis, uang lamaran kan sebagian dibalikin ke cowok. itu langsung dibalikin aja, atau dimasukin baki lagi..
    Makasih^^

    • Angelina Cynthia says:

      abis makan siang, khan pisah-pisahin baki yang mau dibalikin ke keluarga cowo yg mana. Kemudian uang lamaran khan dihitung dulu sama pihak perempuan habis itu ambil uang kertas paling atas 1 lembar, tengah 1 lembar terus paling belakang 1 lembar . Sisanya masukin lagi ke dalam angpao kasih tau ke pihak cowo, sambil diunjukin dan dikasih langsung boleh ke tangan pihak laki” atau mau di taruh di baki kembali juga boleh. Intinya di kasi tau sih yang penting kalau kalian cuma ambil sebagian kecil uang aja untuk syarat lamaran, ga di ambil semua uangnya karena pihak perempuan nggak jual anak. Semoga membantu.

Leave a Reply