Tertipu Dengan Promo Lazada

Pada tanggal 19 Desember 2015, sekitar pukul 12 siang, website Lazada.co.id menunjukan promo untuk pembelian dengan kartu kredit Bank Mega. Saat itu saya sedang ingin membeli GoPro Hero4 Session dan menemukan item tersebut di website Lazada.co.id dengan harga Rp.3.465.000,- sebelum diskon, dan menjadi Rp.3.165.000,- setelah diskon

Tertipu Oleh Promo Lazada.co.id

Saya memutuskan untuk membeli item tersebut dan sampai proses pembayaran, saya coba masukkan nomor kartu kredit bank mega saya, dan harga di panel bagian kanan website lazada tidak terupdate menjadi Rp.3.165.000,-. Saya sedikit bingung karena biasa dengan promo kartu kredit, harga tersebut akan langsung terupdate. Lalu saya mencoba untuk telpon ke cs lazada untuk memastikan sebelum saya melakukan traksaksi, dan oleh cs tersebut dikonfirmasi, bahwa untuk promo bank mega ini, harga baru akan terupdate setelah kita melakukan proses pembayaran, dan jika memang sampai tidak terupdate, kita dapat menghubungi pihak lazada kembali.

Meskipun sedikit tidak percaya, saya tetap melakukan proses pembayaran tersebut, dan benar saja sesuai dugaan saya, total yang di charge ke kartu kredit saya tetap Rp.3.465.000,-. Lalu saya langsung menghubungi pihak lazada, pertama kali saya hubungi via live chat, jawabannya tidak memuaskan, yaitu bahwa promo dengan bank mega sudah tidak ada lagi, dan dimunculkan di website lazada karena kesalahan sistem. Lalu saya mencoba untuk menelpon pihak cs lazada agar lebih jelas, diawal saya tanyakan ke pihak cs, apakah benar ada promo bank mega di lazada, dan cs tersebut mengatakan, benar, saat ini sedang ada promo bank mega di lazada, lalu saya jelaskan kondisi saya, yaitu melakukan pembelian, tapi tidak terpotong diskon promo bank mega. Lalu cs tersebut melakukan pengecekan kembali dan mengatakan bahwa promo bank mega tersebut muncul karena kesalahan sistem.

Lalu saya mengatakan untuk membatalkan pesanan saya, dan pihak cs mengatakan bahwa pesanan saya tidak bisa dibatalkan, karena sudah diproses oleh pihak supplier (saya baru saja pesan sekitar 10 menit, dan pesanan saya sudah di proses? Saya juga terdaftar menjadi seller lazada, dan tahu proses pemesanan lazada.) dan pihak cs menyarankan untuk menunggu hingga barang sampai, dan diretur, baru setelah itu uang dikembalikan ke kartu kredit saya. Barang itu sendiri tertulis baru akan sampai antara tanggal 30 Des 2015 – 2 Jan 2016, lalu saya kirim balik ke warehouse Lazada, lalu menunggu proses refund kartu kredit, total dari seluruh waktu tersebut bisa mencapai 1 bulan, MENGECEWAKAN!!! Saya besikeras terhadap cs untuk dapat langsung membatalkan pesanan saya, lalu pihak cs menyuruh saya menunggu di telpon (kurang lebih 10 menit), kemudian mengatakan mereka akan mencoba menghubungi pihak supplier mereka, lalu menyampaikan kepada saya untuk menunggu 1x24jam untuk mengetahui kabar apakah pesanan saya bisa dibatalkan.

Sebagai tambahan informasi, di hari yang sama lazada memiliki kode promo SATTHX9 yang bisa digunakan untuk mendapat diskon 9% atau max 200rb dengan pembelian minimum 200rb. Awalnya saya ingin menggunakan kode promo ini untuk melakukan transaksi, tapi karena promo diskon bank mega memberikan potongan sebesar 300rb, saya memilih menggunakan promo bank mega, yang ternyata malah tidak memberikan diskon apapun.

Kekecewaan saya bukan pada kesalahan sistem Lazada, dimana salah mendisplay promo, tetapi pada prosedur mereka merespon keluhan pelanggan, singkat kata hal ini terjadi karena 3 kesalahan pada pihak lazada:

1. Kesalahan menunjukan promo bank Mega yang seharusnya sudah tidak aktif

2. Kurangnya informasi terhadap pihak cs, sehingga walaupun promo tersebut sudah tidak aktif, pihak cs internal mereka sendiri tidak mengetahui hal tersebut.

3. Tidak adanya prosedur yang baik untuk menanggulangi keluhan konsumen seperti ini, di beberapa ecommerce lain di Indonesia, jika kesalahan terjadi karena pihak mereka, pihak mereka bersedia menggantikan selisih dari biaya yang ditagihkan ke pelanggan, sehingga pelanggan tidak kecewa.

Akhir kata, permasalahan ini bukan permasalahan promo 300rb, tetapi permasahalan kecewanya seorang pelanggan terhadap pihak lazada yang menurut saya tidak menanggapi keluhan pelanggan dengan baik, untuk ecommerce sebesar lazada, hal ini tentu seharusnya tidak dilakukan.

Bagaimana masyarakat indonesia akan percaya terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia, kalau hal-hal seperti ini kerap terjadi, seberapa besar pun effort pihak-pihak e-commerce di indonesia untuk membangun kepercayaan konsumen, jika ada satu dua hal seperti ini, tentu akan mencoreng nama seluruh e-commerce di Indonesia.

Salam Hangat, semoga hal ini tidak terjadi lagi dan ecommerce Indonesia bisa tetap tumbuh dengan baik di hati masyarakat Indonesia

P.S. Sampai saya selesai menulis ini, 19 Desember 2015, 13:16:45, promo Bank Mega di website www.lazada.co.id masih tetap aktif.

Share

Leave a Reply