Penipuan Kursus Bahasa Asing – Global Bahasa, Speak Easy

Well aku mau share pengalaman aku kursus bahasa asing beberapa bulan lalu. Jadi ceritanya waktu aku jalan-jalan ke Mall Matahari – Daan Mogot di deket rumahku. Ketemu sama pameran kursus Global Bahasa, yang marketingnya super duper gencar nyari mangsa murid yang minat kursus di tempat les bahasa tersebut. Dan karena memang aku ada rencana mau holiday ke Jepang, aku decide untuk ambil kursus bahasa Jepang di Global Bahasa – Daan Mogot Baru.

BROSUR_global_bahasa-34bbb-2307_69-t2307_9

Di iming-imingi bisa bebas belajar 7 macam bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Prancis, Jerman, dll, aku merasa tertarik sekali. Apalagi mereka menjanjikan jam kursus yang flexible dari pagi hingga malam hari jam 22.00. Aku masih kerja, jadi jam kursus yang flexible membuatku DEAL daftar di tempat les tersebut. Dan lagi pengajarnya juga dikatakan setiap kursus bahasa asing akan diajarkan oleh native speaker yang berasal dari negara mereka masing-masing. Misalkan aku ambil kursus bahasa Jepang, maka gurunya adalah ASLI orang Jepang, apabila aku kursus bahasa Korea maka gurunya adalah ASLI orang Korea. Waktu kursus yang flexible, promo yang bagus, dan pengajar yang berkualitas. Mendengarnya manis sekali bukan?? Siapa yang tidak tergoda?

IMG_0796

Saat itu aku bayar iuran sebesar Rp.6.700.000,- untuk 1 tahun dan get  free 1 tahun ATAU aku bisa mengajak adik / kakak 1 orang dengan durasi kursus 1 tahun. Aku sendiri mengambil yang 2 tahun karena adikku super sibuk, jadi dia tidak terlalu berminat untuk kursus bahasa asing.

IMG_0800

Aku daftar sejak September 2014, dan memiliki 2 tempat pilihan;

1. Pertama kursus di Global Bahasa – Ruko Mall Taman Palem No.67-68 (Seberang Happy Puppy) yang sudah lebih dahulu berdiri.

ATAU

2. Kedua kursus di Cabang Baru Global Bahasa – Ruko Daan Mogot Baru – Jl Tampak Siring Blok KJE No 28 A-B yang akan buka pada akhir bulan November 2014 karena masih on progress under renovation.

Karena aku agak jauh dan males ke daerah Mall Taman Palem. Aku memilih untuk sabar menunggu sampai Cabang baru Global Bahasa di Ruko Daan Mogot Baru selesai renovasi. Hingga bulan November tiba, aku sudah tidak sabar menunggu untuk memulai kursus bahasa Jepang ku. Aku mendapatkan broadcast BBM dan SMS dari staff dan Marketing Global Bahasa bahwa tanggal  tersebut aku sudah dapat memulai kursusnya.

Finally tanggal tersebut aku datang untuk memulai kursus bahasa Jepang, ternyata oh ternyata renovasi tempat kursus masih berantakan dan belum selesai. Ada seseorang yang berdiri di depan tempat kursus tersebut dan meminta maaf  (sepertinya owner), mengatakan bahwa renovasi belum selesai mungkin beberapa hari lagi akan di hubungi oleh staff Global Bahasa saat mereka resmi dibuka untuk UMUM.

  2 MINGGU KEMUDIAN….

December, aku menghubungi pihak Global Bahasa karena tidak ada kabar berkaitan kapan dapat dimulai kursus bahasa Jepang tersebut. Dan mereka mengatakan tempat kursus Global Bahasa – Ruko Daan Mogot Baru sudah Grand Opening, aku bisa memulai kursus. Well aku sangat excited tapi aku mikir December uda banyak libur tanggung banget mau kursus kayanya jadi RUGI waktu. Jadi aku masuk di awal January, waktu pertama kali masuk koq langsung di deportasi yah? Katanya aku salah masuk kelas, kelas itu udah berjalan beberapa sesi, jadi aku harus memasuki kelas 101 yang berarti kelas STARTER atau PEMULA. Oke, nggak papa aku check jadwal dan akhirnya aku masuk kelas 101 di lain hari.

Sempet kaget dan shock juga, kok ini guru nya bukan native speaker yang kaya di janjiin di awal yah? Tapi orang lokal Indonesia yang ambil jurusan Sastra bahasa Jepang. Guru Bahasa Jepangnya ada 2 orang yang satu namanya Melly dan satu lagi Ditta. Tapi dua-duanya bener-bener lokal asli Indonesia loh. Bukan saya nggak cinta pengajar Indonesia, cuma kalau yang ngajar bagus dan berkualitas okelah nggak masalah mau orang Indonesia atau orang apa pun (aku nggak rasis koq) Guru saya juga dari TK – SMA 100% orang Indonesia tulen. Tapi ini silabusnya acak-acakan dan nggak jelas banget.

Jadwal schedule kursus yang mereka buat tuh gonta-ganti setiap minggu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, jadi kamu mesti rajin update by phone atau ambil kertas schedule setiap hari senin di meja front desk. Aku sering banget uda datang mereka bilang jadwalnya ganti minggu ini harus nya jam segini. Jadi kedatanganku totally SIA-SIA, gara gara jadwal kursus mereka yang nggak konsisten. Sering banget liat orang tua murid khususnya ibu-ibu yang marah-marah komplain ke front desk soal schedule les yang beratakan. Tapi namanya front desk  cuma orang kerja dan sering gonta ganti juga sampai aku gak hafal karena wajah baru terus. Mereka cuma bisa diam seribu bahasa.

Screen Shot 2015-05-13 at 8.35.44 PM

Jelang 1 bulan aku kursus, nama tempat kursusnya kok berubah jadi SPEAK EASY bukan GLOBAL BAHASA  yah?

Aku uda ngerasa banyak keanehan dan kejanggalan? Kalau brand besar dan uda punya nama, mana mau sembarangan gonta-ganti nama Brand seenak jidatnya. Pasti bakalan di pupuk dengan baik sampe semua orang kenal kalau mau rebranding pun biasanya mereka punya banyak sekali pertimbangan. Sampe di pameran di Mall Matahari Daan Mogot semua langsung ganti Brand jadi SPEAK EASY! Flyer, Spanduk, semuanya berubah jadi SPEAK EASY!

LAST PART

Langsung ENDING nya aja yah, durasi aku kursus totally 3bulan dari awal Januari – akhir Maret. Karena Akhir 31Maret aku berangkat ke Jepang selama 2 minggu.Pas aku lagi holliday di Jepang, aku dapat pesan dari teman kursus satu kelasku. Dia bilang tempat kursusku di grebek POLISI , dan di CLOSED untuk sementara waktu. Aku SHOCK, dan aku tanya Kok bisa? Kenapa ditutup?

IMG_0813

Husut punya husut teman ku kenal baik dengan salah satu guru bahasa Inggris di tempat kursus tersebut karena kebetulan dia ambil beberapa kelas bahasa di Global Bahasa, dan kata guru tersebut dia uda beberapa bulan nggak di gaji sejak mengajar di Global Bahasa. Wuihh kejam sekali, bukan? Akhirnya guru – guru les bahasa Jepang aku juga mundur satu -persatu tanpa pemberitahuan yang jelas. The best partnya tempat ini ditutup hingga sekarang tanggal 13 May 2015. Spanduk di tempat kursus tersebut sudah dicopot dan ruko tersebut di gembok dari luar. Rugi banget bayar 6,7jt untuk 2 tahun baru les 3 bulan uda nggak jelas tutup orangnya kabur kemana.

Aku sharing pengalaman ini supaya JANGAN ada lagi korban Penipuan Berkedok Kursus Bahasa Asing di luar sana. Kasian khan orang tua mau kasih pendidikan yang baik untuk anak-anaknya dengan susah payah banting tulang bayar dengan keringat dan darah. Terus jadi korban penipuan orang nggak bertanggung jawab seperti ini. Dan sales marketingnya masih aktif broadcast buka pameran terus menerus di berbagai mall di Jakarta, Tanggerang, Bandung. Sebentar-sebentar gonta ganti nama tempat Kursus.

 

Tips menghindari Penipuan Berkedok Kursus Bahasa Asing :

1. Selidiki  dan cari referensi dari berbagai sumber dahulu  sebelum daftar di tempat kursus tersebut

2. Pilihlah yang punya kredibilitas dan memang sudah terbukti lama berdiri dalam bidang pendidikan kursus

3. Jangan gampang tergiur dengan penawaran manis yang ujung-ujungnya berakhir pahit

4. Apabila kursus mengajukan pembayaran besar untuk jangka waktu kursus yang lama, selalu tanyakan free trial.

Oke sekian dari aku, semoga bermanfaat buat teman-teman yang mau mengambil kursus bahasa asing supaya tetap waspada dan jangan sampai tertipu dengan modus yang sama ini.  Aku harap PIHAK YANG BERWAJIB mengungkap jaringan modus Penipuan Berkedok Kursus Bahasa Asing – Global Bahasa, Speak Easy, what ever namanya supaya tidak ada korban yang berjatuhan lagi.

——————————————————————————————————————————————-

UPDATE :

 Per Tanggal 18 Maret 2015 saja aku masih menerima broadcast SPEAK EASY SCHOLARSHIP & Tgl 18 April masih sempat broadcast lowongan kerja DUNIA BAHASA.

Anyway, here are some screen shots of some chat history from Bobby Ray:

IMG_20150514_002018

IMG_20150514_002037

Aku dulu daftar di mall Matahari Daan Mogot sama sales Marketing bernama Alpin kemudian di approach oleh Bobby Ray. Dan kesimpulannya si Bobby Ray ini dulu pernah bekerja di Global Bahasa sebagai Business Manager dan terakhir dia pindah ke Dunia Bahasa, yang buat aku berpikir  kalau ini adalah kloningan dari Global Bahasa / Easy Speak karena tempat kursus Global Bahasa / Easy Speak ini paling suka gonta-ganti brand dalam waktu singkat. Dan ternyata setelah aku cari tahu ownernya berbeda. Masalah Dunia Bahasa terpercaya atau nggak, qualified atau nggak silahkan kalian cari tau masing-masing sendiri yah.

Karena terus terang aku uda ilfill dan muak sama KURSUS BAHASA yang menawarkan berbagai keahlian bahasa dengan 1 HARGA! Satu pesan terakhir dari aku; Belajarlah di tempat yang pasti dengan rekomendasi teman yang sudah pernah belajar disana dan bisa kita dengar atau lihat hasilnya sendiri.

—————————————————————————————————————————————-

UPDATE 16 MAY 2015

IMG_0840

IMG_0842

IMG_0843

Aku dapat foto Riswanda (Owner Dari Global Bahasa sebelah kiri) dan istrinya (sebelah kanan) dari Account Facebook milik istri Riswanda. Menurut informasi dari warga sekitar tempat tinggal Riswanda, ia beserta keluarganya (anak, istri & mertuanya) sudah kabur berhari-hari meninggalkan rumahnya di wilayah Tanggerang. Mohon infonya apabila ada yang melihat atau menemukannya harap segera laporkan ke Polsek Setempat agar peristiwa serupa tidak merugikan masyarakat banyak.

———————————————————————————————————————————

UPDATE 18 MAY 2015

IMG_0873

IMG_0874

Tgl 17  May 2015,  Saya baru saja dihubungi oleh Owner Dunia Bahasa – Ibu Jenty Lim. Beliau mengatakan Dunia Bahasa dan Global Bahasa / Speak Easy adalah dua lembaga kursus yang berbeda. Pemilik Global Bahasa / Speak Easy adalah Riswanda. Yang dulunya memang pernah bekerja di Dunia Bahasa dan akhirnya mencuri konsep atau ide yang sama kemudian membentuk lembaga kursus sendiri. Bobby Ray juga pernah bekerja di Dunia Bahasa sebagai rekan Marketing dari Riswanda, dan pada akhirnya ikut bekerja dengan Riswanda Grup di Global Bahasa / Speak Easy.  Menurut penjelasan dari Ibu Jenty Lim – Dunia Bahasa memiliki izin resmi lembaga kursus bahasa asing dan sudah berdiri selama 2 tahun. Dunia Bahasa memiliki beberapa cabang di Sumarecon, Kalibata, PVJ Bandung, Citraland, Surabaya dan Lippo Cikarang.  Beliau mengatakan semua kegiatan mengajar masih berjalan dengan baik hingga sekarang di lembaga kursusnya. Apabila ada yang merasa tertipu dengan Dunia Bahasa ia mengatakan “TOLONG KABARIN dan KASIH BUKTI”! 

Note Dari Aku: Wawancara singkat saya di telepon dengan Bu Jenty Lim pun berakhir apabila kalian ada yang pernah Kursus di Dunia Bahasa mungkin anda bisa juga memberikan testimonials baik / buruknya pada kolom komentar dibawah ini. Jadi semua orang akan bisa menilai apakah ini lembaga kursus yang qualified atau tidak. Pada akhirnya, saya yakin anda yang membaca, pasti anda akan bisa memilah memilih informasi mana yang benar atau tidak buat diri anda.

Love,

Cynthia

Share

210 comments

  1. vika says:

    OMG…kayaknya saya baru kena tipu…di mall ratu indah makassar ada pameran World Language Academy…modusx mirip di beberapa kasusu yg sy baca….besok mau minta refund…mudah2an bisa

      • vika says:

        Tadi sdh minta refund…katax tdk bisa
        Setelah rada ngotot…katax harus tunggu org yg mau masuk kursus tapi bayar cash baru balikin uang krn sy pkai gesek kk semalam…opsi kedua minta waktu sampe selasa depan krn harus dibicarakan dgn para pendiri/owner utk proses refund…itu pun katax belum pasti
        tunggu aja…rabu depan kalo belum balik sy mau ngamuk di t4 pameranx…8,7jt dicari pake keringat jgn sampe hilang kena tipu :'(

        • Kuo Liang says:

          Mba, ini harus dikejar terus. Bandung juga ada dan saya adalah mantan pengajar disana. Nama ownernya beda dan latar nya beda, tapi modus nya sama. Beberapa manajemen intinya juga sama, mungkin mereka menipu rame rame? Saya sendiri selalu terlambat gajian, lalu untuk bulan april tidak dibayar, lalu dua minggu kemudian dibayar setengah, minggu depan nya setengah lagi, dan sampai hari ini mereka masih hutang gaji lembur saya. akhirnya di cut oleh global minggu kedua bulan mei karena mereka TIDAK MAMPU MEMBAYAR PENGAJARNYA, dan orang yang tersisa kena potong gaji 50% untuk bulan berikutnya. Tolong untuk teman teman yang punya saudara atau kenalan yang kerja disana diperingatkan untuk segera berhenti sebelum senasib dengan saya dan rekan rekan di Bandung!

          • al szi anszi says:

            Ini bandungnya di citylink bukan?
            sya baru ikut placement test beberapa hari yg lalu, tp udh daftar dr bulan desember.
            kalau iya, gimana ya caranya biar bisa refund? Soalnya saya ini takut kena tipu juga jadinya. Uang saya udh masuk 4.1jt. Kalau ada juga pembaca yg dr bandung sya minta infonya juga ya.

        • parmin says:

          Kalau bayarnya pakai kartu kredit, hubungi saja bank penerbit untuk minta transaksi di void karena terindikasi penipuan.

          • Angelina Cynthia says:

            Sayangnya tdk bs di void krn transaksi pd bln sept saya masuk di bln januari. Dan cicilan transaksi 3 bln tersebut ke credit card sdh terbayar lunas. Ini merupakan salah satu trik pre order Global Bahasa juga. Supaya korban tidak bisa void transaksi ke credit card

    • kenzo says:

      aduh saya juga sepertinya baru kena tipu dari pameran di mall ratu indah… gmn mba vika apakah uangnya bisa di refund?

        • vika says:

          Aduh…mohon maaf sebelumnya terutama buat kenzo n monika.
          hari ini sy cek ke manejemen mall ratu indah ternyata WLA mmg ada sewa tempat di mall ini, dan akan segera beroperasi per sep 2015…sy tdk jadi refund
          jadi tdk ada unsur penipuan dr pihak WLA kok
          Mohon maaf sy terutama utk pihak WLA

  2. Melysia says:

    Halo angel, kayaknya kita pernah sekelas deh…aku jg les dr desember sm sensei ditta & melly, selasa sore kemaren aku kaget bgt pas kesitu uda tutup n plang nya dicopot, trs banyak anak n ortu murid keliaran d depannya protes n saling curhat. Aku jg sempet ditunjukin video sama salah satu ibu2 tentang wkt mereka ngadepin polisin bersama (yg katanya) direktur utama global bahasa. Tp sampe skarang masih ga jelas nasib pelaku maupun korban. Semoga dg artikel yg km buat ini org2 banyak yg tau n ga ketipu lg

    • Angelina Cynthia says:

      Iya Mel, aku juga geram banget dengan penipuan berkedok kursus bahasa ini. Semoga cepat ditindak lanjuti sama polisi dan gak ada korban lagi.. Karena mereka masih suka berkeliaran pameran di mall”.

    • alvin says:

      Kenal yg nama nya silversia tidak?. Anak saya. Untung cuman masuk 6 bulan 2 juta saja. Hasil nego jadi ngak rugi banyak. Sudah tidak ada kabar lagi ya yg di daan moggot

  3. bobby ray says:

    Apa apaan ini!!! Hei Angel…saya sudah bilang sama km…klo saya juga korban…dan saya keberatan km pajang foto saya…kamu bisa saya tuntut balik kalo saya terbukti tdk bersalah…Jangan km sangkut pautkan saya dgn global bahasa, sy itu kerja gaji saya pun belum di bayar 7,3juta…saya itu korban…!!!

    • Leo says:

      Bobby, dalam hal ini jika Anda melakukan tuntutan balik terhadap Angel adalah salah. Bagaimana pun juga Anda terlibat dalam kasus tersebut dan dalam bahasa hukum pidana sudah masuk pasal 378 KUHP jo. pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

      Mengapa Anda terlibat? Karena Anda ikut melakukan kegiatan membujuk, mengiming-imingi dan menjanjikan sesuatu terhadap korban. Jadi jika memang mencoba adu kuat tuntut-menuntut, Anda pasti kalah. Saya jamin 1000%.

  4. bobby ray says:

    Owner Dunia Bahasa itu Ibu Jenty Lim, beliau juga tyta salah satu korban yg di tipu oleh riswanda (yg belakang baru saya tahu)
    DB berdiri lebih dahulu sampai saat ini tdk ad complain dan kampusnya msh jalan sampai hari ini hampir 2th.

    Global Bahasa ownernya bernama Riswanda yg lari dari tanggung jawab dan berdampak kpd saya dan juga semua org yg kerja dsna, jadi km jangan samakan!!!

    Saya dan teman2 lainnya hanya bekerja secara profesional saja sesuai dgn job desc saya, itu sbb nya sy masih aktifkan nomor hp sy dan kontak pin bb bukti sy bertanggung jawab n tdk lari!! Sekaligus utk menjelaskan shg sy tdk dpt di salahkan.

    Km itu enak lahir dr keluarga berada tdk pernah alami hdp susah dan bisa jalan2 ke Jepang. Km tdk tahu bagaimana rasa nya kerja sama orang dan akhirnya km menjadi korban dr tindakan owner kamu.,
    Jangan seenaknya klo ngomong!!! Liat kata2 km itu di atas km baru berkata km curiga artinya km berandai2 saja mencurigai saya!!!
    Kebenaran tetap kebenaran !!
    Kata2 kamu itu bisa jadi fitnah !!

    Km jangan sembarangan ngucap!! Sy keluar dr global bahasa juga di cut karna saya sllu meributkan ttg fasilitas dan keunggulan2 yg belum terealisasi sampe Riswanda owner sy geram n akhir nya sy di keluarkan. Sampe saat saya keluar itu global bahasa masih berjalan kontak pin bb km saya hubungi tdk aktif yg pertama (bkn yg di iphone) salah saya apa sampai km merusak nama baik saya?

    Saya mengatakan sesuai dgn konsep yg di berikan oleh globalbahasa *yg kenyataannya tdk sesuai, itu bukan tanggung jawab saya, lalu salah siapa itu? Awalnya juga bener koq berjalan sampai saya keluar global bahasa / speakeasy msh berjalan dan kamu pun masih sempat belajar berminggu2 dsna.

    Pengelolaan sepenuhnya ada di tangan Riswanda, uang masuk rekening riswanda bukan rekening saya, gaji saya tdk dbayar dan semua member juga sdh hubungi sy mereka sdh paham dan mengerti, km pun sdh sy jelaskan!!!

    Klo kecewa silahkan saja tp jgn km mencemarkan nama baik saya seperti ini !!!

    Sy tdk terima 1x24jam km tdk hapus foto2 dan nama saya dr website ini..saya akan tuntut balik km !! Karna memang sy tdk bersalah makanya sy berani muncul dan nomor telepon saya juga msh aktif !!!

    • Angelina Cynthia says:

      Pertama yang kamu perlu tahu, saya pergi ke Jepang, hasil dari jerih payah sendiri. Kalau saya dari keluarga kaya, uang hilang 6,7 jt akan saya IKLHAS kan!

      Karena nyarinya boleh pake keringet dan darah diri sendiri. Jadi saya merasa sangat dirugikan oleh insiden ini. Dan tujuan posting blog ini adalah supaya nggak ada lagi orang yang kena modus sindikat kursus penipuan bahasa asing yang sama seperti yang saya alami.

      Kemarin saya tanya kamu, soal pertanggungjawaban kenapa Global Bahasa sudah tutup?
      Kamu bilang sudah lama RESIGN dari Global Bahasa. Ternyata baru RESIGN sejak dari Tgl 22 Maret 2015.
      Kenapa mesti berbohong sih?

      • Martina Rafti Lovva says:

        Angelina… knapa dihapus foto2 anak penipu ini, km jng takut dengan gretakan dia. Dia cuma berani muncul disini. Saat kami ortu student ajak bertemu dia, dia tidak mau dan bilang dia takut. Org TOLOL tetaplah TOLOL dan selalu bermodus spy dia tidak terlibat. Tp modus nya sangat kampungan!!

    • Martina Rafti Lovva says:

      Rey… sy adalah salah satu org tua murid yang sangat km rugikan !! Tidak perlu sy jelaskan panjang lebar kronologi nya, sy rasa semua org di blog ini bernasib sama seperti sy. Km fikir dengan cara km berkelit dan beribu penjelasan seperti ini km akan terlepas dari jerat hukum??? Kalau memang km juga merasa dirugikan, kenapa km KABUR dan TAKUT tidak mau bertemu dengan org tua murid ?? Sampai kabur ke Pekan Baru? Jng terlalu ber DRAMA km rey, Sekarang km ingin menuntut balik karena mencemarkan nama baik ? OK, saya tantang kamu. Sy akan sebar semua foto dan identitas kamu ke semua sosmed dan blog. Sy tunggu tuntutan kamu!! Bila perlu saya yang datang ke kantor polisi untuk bertemu kamu!! Anak kemaren sore ud sok bermain dengan Hukum. Pake bilang dengan salah satu org tua student waktu Pameran di Tangcity bahwa km adalah OWNER dan berani sign surat perjanjian jika tempat belajar di Tangcity tidak dibuka, maka uang akan dikembalikan full 10% dan sampai DETIK ini tempat belajar itu TIDAK ADA!! Kalau km merasa dirugikan juga oleh RISWANDA, tidak di gaji, knp km tidak cari dia? Tuntut dia?? Km MANUSIA TOLOL yang baru sy temui! Skrg km tidak usah banyak Bicara, klu km memang tidak merasa bersalah, tunjukkan wujud km kepada kami? Knp km Takut???

  5. bobby ray says:

    Tambahan lagi saya keluar dr global bahasa itu 22 maret 2015 !!
    Dan sejak Januari manager di DM sudah gonta ganti jd bukan saya yg dsitu !!!

    Hati2 mencemarkan nama baik orang km bisa jd fitnah!!

    Tanya yg pasti semua orang tahu sy ini korban !!

    • Plumplum says:

      Menurut kamu versi kamu semua orang tahu kamu ini korban?? versi menurut orang banyak kamu ini SIAPA bisa di liat dari comment2 di blog ini. Kamu waktu mau cuci tangan kotor km dari rumah bahasa juga pake modus yg sama yaitu korban lah, gaji ga di bayar lah! bisa nipu org sekali , apa kamu pikir bisa berkali2? Berlagak polos sok suci lagi.

  6. bobby ray says:

    Riswanda sdh ditahan di polisi dan dy juga sdh menjelaskan kpd semua student bahwa dy ownernya yg bertanggung jawab atas masalah ini…!!!

    Saya tdk terlibat sama sekali !!

    Sy bersih !!

    Jadi km jgn ngomong sembarangan !!

    Datang sana ke polsek liat perkembangan kasusnya !!

    Km tuh baru balik dr Jepang tp sdh sok tahu !!

    • Lie Edo says:

      Wkkwwkwkkwkk… Lo bersih ?? Makan taik aja lu bersih lu cuci tangan padahal u pelaku nyaaa..
      Itu ibu jenty uda di laporkan ke polda metro jaya..
      Dya itu tersangka bkn korban woiiiii gk usah lo belaiin .. Bangke lu .. Klo brani ketemu kami sini lo sok bersih.

  7. Billy Anderson Marwoen says:

    Hai… sorry mau nanya perihal global bahasa.. apakah ini sama dengan Global Language Center (GLC) yg ada di Gajah Mada plaza… dan kalo boleh tahu.. Ini yg comment ada namanya bobby ray. saya mau nanya. Apakah bobby ini sama dengan bobby di GLC.. Boleh di kirimkan foto nya atau ciri2 nya.. karena kasusnya sama percis detail per detail nya juga sama..

      • Billy Anderson Marwoen says:

        hai sis… Boleh kirimin fotonya.. Ke email saya… Sekalian recheck….., krn kasus saya juga lumayan sis dengan GLC.., nominal nya di atas 10 jt.. Krn baru jalan les dr august sampe december… Dengan owner juga bernama yenti.. Dan ada manager mkt namanya bobby juga. Saya mau recheck.. Biar azas praduga tak bersalah…

        • Angelina Cynthia says:

          Hai Billy aku uda kirim kamu fotonya Bobby Ray. Nanti kalau memang sama kamu tolong info ya ke saya? Tempat Kursus kamu GLC sudah tutup juga? Soalnya owner Dunia Bahasa namanya Jenty Lim.

          • Billy Anderson Marwoen says:

            sis angel fotonya belum masuk ke-email aku nih.. okay btw untuk masalah kronologi.. awalnya keponakan saya.. yg bernama alvin salim dan valencia (piao2 n cia2) berniat untuk improve their language, and GLC beserta tim2 nya opening dengan tag line mereka 10 bahasa dalam 1 tempat, waktu suka2 kita, hari suka2 kita (padahal di luar ekspetasi kita banget) alhasil masuklah mereka dengan paket.. yg tergolong cukup mahal. 1 orang 12+3 month, kena 9juta. jadi di gesek lah di CC dengan nominal 18 juta… seiring berjalan term nya (1 term mereka 4 bulan, setiap term ada ujian leveling), untuk term pertama baik.. meskipun keponakan saya yang well dalam bahasa mandarin tidak bisa lulus dalam kelas basic (saya sungguh heran, apakah ini benar2 tempat les, atau memang sengaja di tidak luluskan agar nambah panjang waktu belajarnya), untuk mengenai tempat nya,, mereka menggunakan gajah mada plaza lt.6,

            seiring berjalannya waktu, saya dan pacar saya juga berniat untuk improve our language, maka jatuh lah pilihan pada GLC, yg sebenarnya kami liat awalnya tidak bermasalah.. saaat saya mendatangi booth mereka di atrium gajah mada plaza dekat breadlife n JCO. mkt mereka sangat berkata manis, apapun di jual. sampai saya di iming2in bisa ngantur schedule sendiri dengan gurunyaaa. sampai di atas saya sempet nego, dengan mkt cewek nya mengenai harga dan paket2 nya, sampai akhirnya deadlock, maka datanglah pak bobby, yg mengaku sebagai manager mkt. maka lobby2 keras mereka lancarkan. sehingga akhirnya saya me-nego perihal harga bulanan.. deal lah saya dengan harga 750k / bulan. itupun dengan imingin saya upgrade ke tahunan, baru di berikan harga bulanan. yg saya herankan. apakah di tempat ini tidak ada standart baku mengenai harga. apakah memang bisa seenaknya ngubah2 harga2.. (krn pada awalnya saya diberikan harga paketnya 12 juta untuk 12+6) lalu diberukan paket lainnya 9 juta untuk 12 bulan…. sampai pada akhirnya bulan january 2014 GLC menimbulkan kecurigaan, ketika keponakan saya datang mau les. ternyata tempat di Gajah Mada Plaza lt.6 tersebut gelap dan ada seperti admin sana, berkata, hari ini kami liburr masuk lagi besok. dan ternyata sampai besok2nya tetap tutup., sampai kabar terakhir GLC mengelak dia mengatakan renovasi dan segera pindah ke daerah duta merlin, yang sampai saat ini tiada kabar.. saya juga sempat berkomunikasi dengan salah satu guru disana kebetulan di guru bahasa korea. foreign asli. .. dia juga berkata bahwa GLC tidak membayarkan gaji dia… thanks in advance. maaf tata penulisan ceritanya berantakan. jikalau ada yang ditanyakan boleh email saya.

        • alvin says:

          Kalo sama posting di sini juga langsung aja ya. Terus tanya juga karyawannya di bayar lancar tidak. Kalo tidak ya siap siap saja macet.

  8. Margareta Vania says:

    Aku sekedar menyarankan aja bagi kalian yang ingin les bahasa asing, bisa dicoba untuk daftar ke lembaga pendidikan bahasa atau kursus yang jelas. Bisa juga datang ke pusat kebudayaan negara asing yang dibiayai oleh pemerintah negara asing tsb, contoh les bahasa Korea ada di Pusat Kebudayaan Korea (difasilitasi oleh Kedutaan Besar Korea di Indonesia). Biaya les di tmpt yang officially disubsidi oleh pemerintah negara asal biasanya lebih murah dan gurunya orang native atau org asing yg jg bisa berbahasa Indonesia. Bisa dicari di google biasanya setiap Kedutaan besar ada program kursus bahasa masing2.

    Semahal-mahalnya les bahasa 6,7 juta itu mencurigakan sekali, apa lagi alasannya bs belajar banyak bahasa. Aku sendiri kursus Bahasa Korea di Pusat kebudayaannya langsung hanya memakan uang kursus + buku + segala fasilitas enak lainnya = 900.000-an selama 3 bulan dan fasilitas etc bs digunakan sampai kapan pun. Misalnya hari itu bukan hari les, km ttp bs dateng ke pusat kebudayaan menikmati fasilitas perpus, event, etc. Sangat jauh dibandingkan 6,7 juta yang ga dapet ilmu apa2 dan jauh dr fasilitas yg memadai.

    • Angelina Cynthia says:

      Iya sis Nia, tadinya aku mau daftar kursus bahasa Jepang di Kedubesnya langsung, tapi karena masalah waktu dan lokasi yang cukup jauh dari rumah, jadinya aku memutuskan untuk ambil kursus di Global Bahasa. Nggak taunya malah kena penipuan seperti ini… T_T Sedih banget bayarnya aja boleh nyicil 3 bulan dengan kartu kredit. Bayar dengan susah payah…

        • Angelina Cynthia says:

          sorry ralat namanya Japan Foundation ada kerja sama dengan kedubes Jepang, Kalau mau les bahasa Jepang better ke Japan Foundation aja. Memang mungkin lokasi lebih jauh, tapi harga lebih murah, fasilitas bagus dan Pengajarnya juga lebih qualified.

          • Felicia says:

            Sekedar menambahkan, untuk kursus di Japan Foundation ada beberapa persyaratan seperti minimal usia dan ada seleksinya juga, ada kelas bahasa tingkat dasar dan tingkat pemula, tetapi kalau untuk tingkat pemula ada beberapa syaratnya seperti sudah menguasai bahasa Jepang tingkat dasar, sudah mengenal huruf hiragana, katakana dan kanji dasar karena ada tes tertulis dan wawancara (dari orang Jepang langsung). Saya dulu pernah 3 tahun kursus di Japan Foundation dan sangat berguna sekali karena diajarkan langsung oleh native speaker, kalaupun ada pengajar orang Indonesianya, beliau hanya berbicara dalam bahasa Indonesia ketika menjelaskan grammar saja :). Btw, thanks to Angelina untuk informasinya, jadi catatan untuk saya yang sedang merintis kursus bahasa Jepang walaupun baru dimulai dari privat dulu :).

  9. Julyanne says:

    Ckckck..harus nya pak boby membantu bukan nya lepas tgn..

    Sabar deh dek cynthia,harus iklas wlpn menyakitkan..biar yg berbohong masuk neraka…dan seumur hidup nya ga tenang…

    Smoga cpt kelar yah

    • Angelina Cynthia says:

      iya sebenernya Bobby Ray sebagai marketing juga turut ambil peran dalam masalah ini, karena dulu dy bekas Business Manager di Global Bahasa, dan dia yg approach kasi janji-janji manis. Yang akhirnya ujung-ujungnya pahit untuk semua murid. Banyak loh yang jadi korban Global Bahasa ini ada ratusan murid bukan hanya saya seorang… Dan sekarang dia cuma bisa lepas tangan… Aku uda pasrah ikhlasin aja semoga Tuhan yang balas…

  10. vra says:

    hallo sis angel salam kenal ya.
    kita uda tau lah ya sis yg mana yg bener.
    biarkan saja sis….hukum tabur tuai berlaku kok.
    sis yg sabar…ada hikmah kok dari semua masalah yg terjadi.

    saya juga pernah tuh di tawarin kursus bahasa di gajah mada.
    sis kalau mau belajar bahasa mending ke lembaga2 yg sudah ternama.

    untuk abang roby : kalau abang merasa benar bantulah sis angel dgn memberikan informasi keberadaan owner atau nomor tlp yg bisa di hubungi..anda org pintar jadi mengerti maksud saya.jadi kan anda tidak merasa di salahkan atau di curigai.

    • martin says:

      Wah murid2 saya juga pernah coba di rumah bahasa di lotte mart kelapa gading juga katanya gak beres

      Trus dia buka lagi dengan merk berbeda di la piazza…namanya lupa klo gk salah ilc? international language center klo gk salah

      Saya pembuat modul kursus bahasa mandarin

      Begitu liat module yg ditawarkan, saya langsung berkata dalam hati..ini gk mungkin bgt…pasti kedok penipuan..ternyata benar juga hhehhehe

      Waspadalah

      • liang says:

        ILC… itu parahhhhhhh…. janjinya manis… native, 1 kelas cm 5-10 org, jadwal fleksibel dll…
        Saya merasa di tipu ILC di Citraland…
        Soal replecement test nya pun gampang banget…
        Saya masuk may ato juni 2014, sertifikatpun blom dikeluarkan.. saya uda kelar dr august…ini ud 2015…
        Gurunya native cuma karna bule ataupun foreigner, bukan profesional… guru disana suka ganti ganti… ssstttttt, rupanya ada yg bilang ilc suka nunggak gaji guru…
        Ga tau deh bakal tahan berapa lama…
        Itu katanya ownernya sama am gold gym…

  11. cindy huang says:

    Wah kejadian ini sama banget sama rumah bahasa yg awalnya di season city, trus mendadak pindah ke emporium pluit, trus tempatnya gak jadi2. Sama persis juga jadwalnya berantakan, jadwal kursus yg di tawarkan beda banget sama pas promosi.

    Susah juga nih yg berhadapan sama kita si sales nya tapi yg bikin masalah sebenernya owner nya..

  12. Irene says:

    Ini yah si Bobby Ray?
    https://www.linkedin.com/pub/bobby-ray/84/b81/14a
    https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_400_400/p/5/005/052/3bd/3f57426.png

    Jadi dia ini yg ‘jualan gombal’ ke prospective customers bahwa pengajarnya native speakers??
    Jhiaaa berarti dia ikut2an sekongkol penipuan jg dooong sama owner Global Bahasa/Easy Speak (kok bisa2nya sok innocent cuci tangan)
    Katanya sarjana theology tapi kok dari tutur katanya tdk santun & perilakunya tdk bermoral gini yah?? hiks

    Kebetulan I myself have been working in Sales & Marketing field for over 7 years in the US & Europe (and just recently moved to Jakarta).
    Sbg org Sales & Marketing, Bobby Ray ini seharusnya he can easily selidiki sendiri dong kebenaran dari perusahaan yg anda “jual”,
    krn whether we like it or not, kita sbg Sales & Marketing Managers, at the end kita tetap hrs take ownership & responsibility dari semua perkataan yg keluar dr mulut kita sendiri (this is basic Marketing 101 – jualan ngga boleh nge-gombal bro! Do you even have a Bachelor’s Degree in Marketing? Or have you ever took a basic Marketing course at a credible/reputable university?? Quite frankly not)
    Jadi ngga bisa lah lempar batu sembunyi tangan kyk anak kecil gitu lah Robby Ray! (btw is that even your real name?!? I highly doubt it! LOL)

    Utk sista Angelina Cynthia,
    stay strong yah,
    my thoughts & prayers go out to you, semoga masalahnya secepatnya terselesaikan, GBU ^_^

  13. Angelina Cynthia says:

    @Billy Anderson

    Kurang lebih kronologisnya sama dengan aku. Kalau aku datang ke pameran mall Matahari Daan Mogot disitu aku ketemu sama salah satu marketing Global Bahasa namanya Alpin. Sebelumnya dia juga minta harga 8 juta ke saya karena saya masuk gelombang akhir. Tapi karena saya memiliki tetangga yang sebelumnya anaknya dimasukkan kesana dengan harga 6,7 jt. Saya minta untuk di samakan dengan harga tersebut. Dipanggilah Bobby Ray untuk memutuskan harga yang boleh di dealkan ke saya. Dia mulai menelpon lagi ke atasannya apakah saya masih boleh mendapatkan harga gelombang pertama atau tidak. Dan akhirnya saya dikasih harga 6,7 jt. Dengan syarat saya nggak boleh kasih tau siapa-siapa dengan harga lama tersebut.

    Selang beberapa waktu ada temen saya yang mau daftar ke Global Bahasa tanya info ke saya. Karena waktu itu saya juga belum mulai kursus karna masih under renovasi. Saya bilang saya juga uda daftar disana, kalau mau saya kenalkan dengan Bobby Ray – si Business Manager di Global Bahasa siapa tau bisa dapet harga yang sama dengan saya.

    Saya telpon ke Bobby, dan dia setuju kasi harga yang sama saat saya masuk 6,7jt. Pas saya confirm ke teman saya ternyata dia sudah terlanjur DEAL di pameran dengan harga 8 jt. Jadi nyesek juga khan dya beda harga 1,3 jt dia bilang lumayan buat beli susu anaknya uang segitu.Tapi dia sadar percuma protes uang juga gak bisa balik.

    Nah kalau soal kursusnya sendiri karna saya masih kerja, saya tanya soal waktu les bagaimana, si Bobby ray ini jelasin ke saya kalo disini waktu les sangat flexible kalau jam pagi nggak bisa ikut kursus, malamnya kita bisa ikut kelas tersebut. Karena pada hari yang sama kelasnya akan mengulang materi yang sama.

    Kenyataan nya sih jauh yah, nggak sesuai dengan ekspektasi saya. Jadwal schedule sangat berantakan, nggak sesuai banget sama yang di janjiin. Kalau aku ketinggalan kelas siang hari, nggak bisa masuk di malam hari. Karena materi pengajaran sudah jauh berbeda. Sering banget saya datang harus kembali pulang ke rumah lagi karna jadwal mereka berubah-rubah setiap minggu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Belakangan saya kapok kalau mau berangkat les saya selalu telpon terlebih dahuu ke receptionist Global Bahasa untuk make sure jadwal Kelas.

    Kemudian saya tanyakan soal pengajarnya, si Bobby Ray ini jelasin ke saya kalau setiap kelas bahasa pasti memiliki native speakernya masing-masing. Tapi kenyataannya juga beda banyakan orang lokal Indonesia dari pada yang Native. Yang Native kayanya cuma pengajar Bahasa Inggris. Kebetulan saya cuma ikut kelas bahasa Jepang. Tapi sepenglihatan saya sih mostly lokal ya.

    Ketiga parahnya tempat les saya ini sering banget turun listrik, daya watt nya nggak cukup bukan di upgrade, tiba-tiba lagi nge les kok gelap gulita dan ac mati.

    Saya les cuma dapat 3 bulan dari Januari sampe akhir Maret.Karna saya berangkat ke Jepang selama 2 minggu pas pulang tau -tau uda tutup aja. Denger dari temen di grebek polisi dan tutup sementara. Banyak orang tua murid demo, karena merasa dirugikan. Cuma orangnya kabur mo bagaimana lagi, tidak ada yang tanguung jawab sama sekali. Si bobby Ray nya juga mau cuci tangan, lepas tanggung jawab, nggak mau kena masalah..

    Saya share ini di web blog pribadi saya biar nggak ada korban yang berjatuhan lagi dengan modus penipuan yang sama.

  14. lin says:

    Thanks for advice, minta trial dulu sebelum pembayaran.
    Bukan hanya kursus bahasa, ku pernah kursus paket spa di slh satu tempat kursus yg py usaha franchise merk spa terkenal, yg istri punya tempat spa, suami py kursusannya.
    Diawal admin kursusnya blg, yg ngajar yg kerja di spa itu jg, ternyata anak lulusan kuliah yg baru saja bekerja mngajar, katanya aku boleh mngambil video, karena ambil paket cpt waktu itu, takut lupa, trnyata tdk boleh, lebih ga nyamannya lg, dgn uang kursus 11jtaan sebulan, perlakuan tdk sepanrasnya ya menurutku, untuk k tempat praktek kursus di lt plg atas usaha spanya, ku mesti seperti orang menumpang, gurunya jg seperti tertekan dan imbasnya menekanku, ucapannya suka bolak balik, dari a yg benar, begitu ku buat a, disalahkan, yg benar yg b, mau mengajar praktek pun, sprtinya lbih hafal aku, baca dulu, lalu seperti baru berfikir gerakannya sprti apa yg dimaksudkan buku itu. Ku ga berdsya uang dah masuk, minimal tahanin lh sampe dpt ijazah, meski kursusny bukan ngasih ijazah nasional plgi internasional. Drpd ga dpt apa apa. Pengalamak buruk hrs d byr mhl. Lain kali klo ada janji manis kursusan, coba dn buktikan sendiri dulu baru lakukan pembayaran.

  15. corry says:

    Cynthia.. Oh cynthia.. Kursus ginian mah uda ada lamaa..
    awal mula kursus ginian adl Rumah Bahasa.
    Pengalaman bgt dah gw soal ginian,and gw kapok.
    Klo kmu pengalaman jd muridnya,gw pengalaman jd teachernya Tp di lembaga yg beda.
    Aq kasih tau aja. Les ginian susah buat maju.
    As a teacher,gw aja kewalahan ngajar yg sistem ginian.
    Lebih baik cari guru privat aja or Les di lembaga yg dah jelas qualitynya.
    Pikirkan matang2 sebelom join.
    Klo penasaran,suggest aja.. Ambil paket 2 bulan aja buat mencoba. Klo maju,bru ngambil yg paket taonan.
    Jgn langsung tergiur ambil paket taonan.. Itu trik marketing..
    Sekian dri gw.

      • Dewi says:

        Hai sis,sy kaget baca tulisan ini soalnya gk tau ada kejadian kek gini,mana sy msh srh anak sy pergi les jumat lalu tp kt anak sy tutup.sy kira libur.sy byr 8,1 utk sethn free sethn.tgl 14/4 april sy minta cuti sampe mei masih aja dikenain biaya 100 rb yang terima dessy bagian adminnya.sdgkan sales yg tawarin sy sodick ,sy telfon satu2 gk diangkat2.anak sy br les dari des thn lalu.nyesek aja rasanya duit hilang gitu.sy baca di jurnal patroli jg ada beritanya.

  16. Nia Yuriasty says:

    Hi cynthia,aku juga ikut nih global bahasa alias speak.easy, dan jadwalnya aku kursus bahasa mandarin,bayarnya sih cuma 1,8 jutaan utk 6blan,nah hampir sma kursusnya di tunda, beberapa bulan, aku di.jakarta, speak easynya dicabang buaran, nah tadi aku liat tempat lesnya tutup, ga tau kenapa..
    Mana belom sempet catet no telp tempatnya….bener mereka janjiin di awal aku bakalan dapet guru native , dan ternyata aku dapatnya guru.lokal bener alias chinese.lokal :( , pantes mereka aku email dalam bahasa inggris ga ada yg bales, mereka ga ngerti mungkin…bisanya cuma janji2.manis,.seenggaknya kalo emang.lembaga bahasa.asing. pasti.bisa lah apalagi katanya bosnya orang bule.

    Jadi selama ini communicatenya pake bahasa apa coba

    Makasih ya atas postnya, udah terbuka mataku, pantas juga marketingnya maksa banget.

    • Lova says:

      Hai mba Nia.. aku juga murid Global bahasa yg dibuaran.. aku kena 4.8 juta untuk 8 bln.. nyesek bgt..
      btw ada niat lapor polisi? Krna tmen2 yg lain kabarnya udah lapor ke polres..

      Sebenernya aku udah curiga..
      Tempatnya aja udah gak sesuai sm yg dipromosikan..
      Setelah pendaftaran aku cerita ke tmn ku mantan murid GLC bekasi.. dan trnyata dia crita klo GLC bermasalah dan sdh tutup.. tp sayangnya aku baru dgr crita tsb setelah aku bayar ke global bahasa..

      Klo ada kabar trbaru tntng kasus global bahasa buaran tlng kontak aku yaa mba nia..

      Tengkyu

      • Nia Yuriasty says:

        Hi Lova, tadi aku udah ke polres jatinegara, aku dah kasih identitas.Aku.dll , dan sayangnya bukti bayar aku kan ditahan sama.mereka…jadi paling aku mau minta bank cc aku untuk kirim.Lagi bukti invoice atas pembayaran global bahasa, temen2 yg lain juga udah lapor sih, sebagian ada juga yg besok..Aku kaget juga pas tadi.kabarnya udah 500 siswa yg tertipu

      • Sherly says:

        Mba Nia dan Mba Lova aku juga salah satu murid Global Bahasa / Easy Speak yang dibuaran. betul teman-teman yang lain udah pada lapor dipolres. tetapi aku belu belum. hanya saja aku sudah lapor ke kapolsek. dan kalau baca dari Coment” yang diatas tadi apakah benar bahwa si Riswanda sudah ditangkap..?

  17. Clara says:

    wah saya baru baca ini :(
    Kebetulan aku juga ikut ini, marketing global bahasa saya akui cukup persuasive Dan convincing banget.
    Dan saya juga sudah bayar tahun lalu, Dan baru 1x ke tempat global bahasa di Daan mogot.
    Kalau ini bener2 terjadi, saya juga kehilangan uang yang nilainya sama dengan Cynthia ;(
    Nyesekin banget :( aku sering ke mall Daan mogot baru Dan mereka masih Buka pameran deh. Kok bisa ya?

    • Angelina Cynthia says:

      Iya sama saya juga nyesek banget sis Clara.. :( Bener-bener terjadi karna sudah banyak korbannya, besok-besok mungkin sis bisa cross check sendiri ke ruko tempat les Global Bahasa/ Speak Easy. Plang, spanduk, banner, embel” tempat kursus semua sudah di copot.

  18. bobby ray says:

    Aduhh Tuhannn….

    ini kenapa saya di salahin begini….

    Oiii Riswann mudah2an u baca ini !!!

    Keluar dari persembunyian lu !!!!

    Ini semua orang jadi salahin gw !!!

    Elu udh menyusahkan banyak orang yg jelas2 tdk bersalah !!!!

    Jelasin kpd semua orang2 ini gw orang yg tdk bersalah dlm hal ini !!!

    Karna gw dsni kerja !!! Dan gw gak tau klo u punya niatan jahat begini !!!

    • Hanna says:

      Ga usah bawa2 Tuhan. Bikin malu aja. Kalo merasa ga salah dan ngerasa jadi korban juga, ayok kita sama2 ke Polda bareng ratusan korban lain.

      • Martina Rafti Lovva says:

        Riswanda belum ketangkap, sedang proses di Polda. Dan kami juga sedang proses meminta bantuan Pak Ahok. Hei Rey … saya sudah benar2 MUAK dengan Drama km!! Sini Keluar!! Jng berani hanya di Blog!

      • hana says:

        Sempat ditahan hanya 1 x 24 jam di Polsek Kalideres pd tgl 3-4 Mei 2015 lalu. Kata polisi tidak bisa lebih lagi. Pasal penipuan belum cukup karena kampus Daan Mogot masih buka waktu itu. Kami kecewa sekali dengan polisi krn sepertinya harus menunggu kampus DM tutup dan Riswanda kabur, baru bisa dibilang penipuan.

  19. bobby ray says:

    Dan satu lagi saya tdk ad hubungannya dgn GLC itu bobby mana??? Itu bukan saya !!! Jadi jgn sembarangan fitnah begini….

  20. bobby ray says:

    Serba salah saya begini, sy diem dan tdk aktifkan / ganti nomor anda semua pikir saya ikut lari….saya jawab utk menjelaskan keadaan yg sesungguhnya kalian tetap tdk percaya !! Jadi hrs bagaimana ?

    Itu kn ada rekening riswandaa tolong di deteksi dy lari nya kemana jangan saya yg di salahkan !! Sy tdk sama sekali tau akan jadinya seperti ini !!!

  21. Melanie says:

    Hi Cynthia, aku juga murid Speak Easy/ global bahasa tapi cabang buaran. Aku bayar untuk 1 thn 3,7 juta. Aku juga baru mulai les dari bulan maret ahir sampe terakhir tgl 11 mei 2015. Besoknya kesana lagi, udah ada pengumuman di pagar “sehubungan dengan meninggalnya bp. Riswanda (owner) maka les diliburkan hingga tgl 13 mei 2015″
    Langsung aku bbm guru aku, katanya riswanda itu kabur, bukan meninggal, guru aku pun belum dibayar gajinya. Semoga ga ada lagi yang kena deh, penipuan bgini. Ckckck

    • Angelina Cynthia says:

      Ckck parah sekali Riswanda, uda ketauan modusnya sekarang pura-pura meninggal….
      Ya semoga aja Tuhan yang maha tau, membalas penipu ini dan mengabulkan keinginan doanya segera. Amin

      • Lie Edo says:

        Itu sih ray gw liat aja u msh ada di daan mogot waktu januari lebay u…

        Brani nuntut lo uda di laporin ke polisi kali ray..
        Lo sini ketemu kami klo u gk takud..
        Di minta jd saksi dpn polisi aja lo gk brani.. Brani ngelaporin nama baik u tercemar?? Nama lo uda busuk taik..

  22. Melisa says:

    Hi Cynthia, aku beberapa bulan yang lalu juga nyaris ketipu Global Bahasa juga di Bandung. Mereka tiba-tiba ngedatengin pas aku lagi jalan sendirian di mall, lalu penawarannya memang terdengar terlalu bagus. Cuma yang aku ga suka, cara bayarnya terlalu maksa, bahkan sampai nanya-nanya saldo di rekening aku biar bisa langsung di autodebit. Kan ga sopan. Aku awalnya memang tertarik, tapi karena aku juga masih disupport orang tua, ga mungkin juga aku minta biaya les 7 juta tiba-tiba. Jadi aku bayar formulirnya aja dulu (300ribu dari harga asli 600ribu, gak masuk akal). Akhirnya aku memutuskan buat ga les dulu aja, tapi tetep aja dihubungin terus ditanya pembayarannya mau kapan. Untung aja gak jadi, kalau gak bisa rugi banyak.

    Saya turut prihatin dengan kerugian kamu, karena uang segitu, apalagi dengan keringat sendiri, ga sedikit :(

  23. pratiwi says:

    Angelina cyntia terimakasih infonya sangat berguna sekali. Semoga pihak yang menipu dapat balasan yg setimpal.

  24. Adit Chandra says:

    Setelah saya baca comment dari tulisan ini, pesan untuk Bobby, jangan pernah mengaku anda menjalani pekerjaan anda sebagai sesuai “Profesional” anda jika anda membawa hal2 pribadi seperti yg anda tulis dengan membandingkan kehidupan anda dengan konsumen anda tersebut. Itu tidak etis karena dalam pekerjaan, mau bagaimanapun masalah yg anda hadapi dengan konsumen anda, tidak ada hubungannya dengan masalah pribadi hidup anda. Apa dengan anda lebih “kaya” dari konsumen anda masalah anda selesai begitu saja? :)

    Ini sebagai renungan anda aja Bobby, biar lain kali anda tidak semena mena seperti itu.

    • Adit Chandra says:

      Tambahan, saya sudah pernah mengalami pahitnya kerja dan mendapatkan masalah dengan konsumen. Tapi saya tidak pernah menyangkutkan masalah pribadi saya, mau bagaimanapun kondisi pribadi saya tetap mengutamakan kualitas terbaik untuk konsumen. Kenapa? karena saya bekerja untuk mendapatkan uang yang uangnya dari konsumen, dan untuk mendapatkan konsumen saya harus bersaing dengan banyak produsen.

      Maaf kalau ini terlalu jauh dari isi blog, tapi saya rasa ini perlu agar Bobby tidak semata mata melepas tanggung jawabnya begitu saja dengan alasan masalah pribadi tersebut. :)

  25. Suryanto says:

    Halo angelina cynthia,
    sy Suryanto, ortu murid global bahasa DM juga..
    sy kena 10,5jt, yg acc jg BOBBY RAY..
    sy jg smpt ragu krn tmptnya blm dibuka tp BOBBY RAY meyakinkan sy dgn gayanya yg selangit dan ‘professional’ spt kata dia sblmnya..
    sy termsk salah satu ortu yg melaporkan Riswanda dan kroni2nya ke polda..

    Halo BOBBY RAY,
    kalo bener anda juga korban, dan kami semua mencemarkan nama baik anda, silahkan datang ke polsek kalideres atau polda metro jaya utk melaporkan balik. Kami tunggu kedatangan anda dan tdk perlu mengancam kami atau angelina cynthia. Perlu anda ketahui bhw polisi sdh menegaskan nanti stlh diperiksa dan ada transaksi keuangan dr Riswanda ke anda atas jasa anda ‘memikat’ kami semua, maka dipastikan anda terlibat dan jg bs dijerat hukum.. jd drpd anda diam dan kena getahnya mending dtg aja utk klarifikasi..

  26. Mariana Joto says:

    Saya adalah salah satu ortu korban Global Bahasa yg tadinya mau kursus di campus Tangcity,sy bergabung di bln januari 2015 dgn biaya kursus Rp. 4.8 jt unt 1 thn, sy di janjikan yg muluk2 sprt sis Angelina cuma bedanya campus Tangcity yg tadinya di janjikan opening bln Maret, sy tunggu hingga April gak buka2,lalu sy ke campur Metropolitan square krn dr rmh sy lbh dekat ke sana,tp alangkah kagetnya sy ketika sampai pd ruko yg di tulis di brosur Global bhs ternyata ruko tsb msi kosong dan blm si sewa sama sekali,akhirnya sy kembali ke Tangcity dan mendesak Sales yg sedang berada di pameran unt menujukkan dmn ruko yg sedang di renovasi itu, dan mrk tdk dpt menujukkan pd sy, akhirnya sy meminta no hp Sales Manager dan Owner nya, sy ingin meminta kembali uang sy,krn sy jelas2 merasa tertipu dlm hal ini,maka stlh sy mendapatkan kedua no hp tsb sy lgsg hubungi mrk,saat itu hp owner tdk aktif dan jawaban dr sales manager pun tdk memuaskan hati sy, akhirnya besoknya sy datangi campus daan mogot, dan mrk meminta sy unt memulai saja kursus di sana, padahal dr rmh sy di tangerang cukup jauh ke daan mogot, tp apa blh buat demi unt memberikan pendidikan tambahan les bhs unt anak mau tdk mau yah di lakonin jg.Pd hr pertama les sy lgsg bertemu dgn sang Owner dan lgsg sy complaint mengenai ruko Tangcity yg tdk buka2 dan dia menjanjikan akan buka di bulan mei,maka sy pun minta surat perjanjian bermaterai bhw kalo ruko tsb tdk di buka maka sy akan meminta uang sy kembali,akhirnya sy pun memperoleh selembar surat perjanjian diatas materai dan di tanda tangani oleh sang owner yg menyatakan bhw kalo pd tgl 10 mei ruko tangcity blm opening maka pd tgl 11 mei beliau akan mengembalikan uang sy secara full,tapi apa kenyataannya justru pd tgl tsb Global bhs Daan moogot malah tutup menyusul campus Palem yg jg sdh tutup duluan,dan owner pun sdh kabur,akhirnya kasus ini sdh di limpahkan ke Polsek Kalideres dan di lanjutkan ke Polda Metro Jaya pd tgl 13 Mei 2013.smg Sang Penipu ulung ini cepat tertangkap dan tdk lg memasang jerat di mall mall dan di kota2 lain,sehingga tdk bertambah byk korban yg di rugikan. Terima kasih

  27. danutejo says:

    Kayanya istri saya juga ketipu nih. Sudah bayar untuk kursus Global Bahasa Tangcity sejak Februari 2015, tapi sampai sekarang belum ada kabar. Katanya kelasnya mau renovasi dulu karena sewa gedung baru di ruko Tangcity.. Saya mau klarifikasi & refund ke boothnya di Tangcity, kalau tidak bisa & tidak bertanggung jawab ayo ramai-ramai bikin laporan ke Polres Tangerang.

    • Mariana Joto says:

      @danutejo : booth Tangcity sdh tutup sejak awal mei 2015, dan ruko blok A32 itu baru di “tanda jadi” saja sebesar Rp.5 jt jadi ruko tsb blm lah di sewa dan jelas2 Riswanda itu sdh menipu kita semua.
      Saya sdh bergabung dgn para korban Global Bhs Daan mogot baru dan Palem dan proses nya sdh sampai pada Polda Metro jaya tgl 13 Mei 2015, jadi nanti jika ada pemanggilan dr pihak Polda,maka saya harap sdr.Danutejo bisa bantu memperkuat kesaksian saya.terima kasih

    • Laura says:

      @danutejo: global bahasa kan memang ngga buka kelas di tangcity, saya udh tanya marketingnya, sales nya bilang cuma di metropolis n mall daan mogot, di tangcity cuma buka booth nawarin aja..

  28. J says:

    Halo Angelina, turut prihatin mendengar berita ini. Saya adalah mantan salah satu pengajar di Global Bahasa, saya hanya mengajar kira-kira 2 bulan di akhir tahun 2014 dan keluar karena merasa banyak kejanggalan2 yang terjadi seperti yang Angelina kemukakan pada poin awal, untuk silabus dan kurikulum pengajaran itu adalah kesalahan dari pihak GB yang juga mendorong saya untuk keluar pada saat itu.

    Semua tidak sesuai yang dijanjikan, pada saat awal mereka janji kepada guru bahwa mereka sudah mempunyai silabus dan materi yang jelas yang sangat berbeda pada kenyataannya yang membuat kami para gurupun, sering disalahkan, karena kamipun sangat sering dapat arahan untuk mengajar materi yang bisa dibilang “random” tapi tidak saya sangka sampai 2015 pun materinya masi “random” ya.

    Copy kontrak kerja sayapun tidak dikembalikan sampai 1 bulan saya bekerja dan saya untungnya sempat foto ya, dan saya baca kembali sebelum memutuskan untuk keluar dan banyak sekali pasal2 yang mereka langgar yang semakin mendorong saya berani untuk keluar karena saya yakin tidak akan dituntut karena merekapun sudah menyalahi aturan kontrak dan setelah berargumen panjang walaupun sempat mereka berusaha menahan saya, saya berhasil keluar dan dibayar (walaupun telat pembayarannya).

    Saya sebagai mantan rekan kerja M dan D berharap Angelina bisa mungkin mengedit nama mereka hanya menjadi inisial karena saya yakin ini bukanlah 100% kesalahan mereka, saya yakin mereka juga hanyalah korban, sama hal nya seperti saya.

  29. dian yuliana says:

    Hi Angelica…thanks a lot buat informasinya.. bbrp waktu lalu sodaraku ampir aja mau gabung di tempat kursus ini, promonya gencar bngt di mall mall bandung n jakarta. tapi untung karna ebetulan saya memang guru bhs jpg (private) terima brosur dr lembaga ini, agak sedikit curiga…ditambah sales yg agak maksa ke sodara ku untuk deal pas pameran di mall (Mall taman palem)
    Dulu sebelum tempat lesnya berubah nama, pernah sempet kepikiran mau lamar jd guru jpg disana (sehabis lulus dr jepang) untung aja ga jadi..better jd private d klo gini..
    Moga2 aja masalahnya cepet selesai y cyntia… or andaikata ga bs di refund biar Tuhan nanti yg balikin..biarin d tuh yg nipu2 kena batunya.

  30. Plumplum says:

    Hi Angelina, kamu tidak sendiri dan tidak usah takut sama ancaman bobby ray, dia ngakunya aja ga salah dan juga korban tapi buktinya sdh byk yg minta dia dtg ke polsek untuk klarifikasi dan menuntut haknya kepada riswanda kalo dia jg korban aja dia ga berani muncul. Biar masyarakat yang menilai saja. Saya juga adalah korban global bahasa yang daan mogot baru yang join melalui BOBBY RAY dgn sekeranjang dusta. Setelah join Saya baru tau ttg rumah bahasa dan sadar ini cepat lambat adalah sama dgn rumah bahasa yg penipu. memang ternyata riswanda, bobby ray adalah org2 yang dulu bergabung di rumah bahasa, istri riswanda sendiri yang bilang kepada kami di polsek. Bagi yang berasa KORBAN PENIPUAN : RUMAH BAHASA, GLOBAL LANGUAGE, GLOBAL BAHASA ALIAS SPEAK EASY dan nama lain lagi yang beredar dan telah menipu dengan modus yang sama, silahkan sms ke +6281317446408 untuk laporkan ke pak Ahok. Juga laporkan kejadian di TKP masing2 ke polisi. Bersatu kita semua mari hentikan sepak terjang orang2 serakah ini yang tidak punya hati nurani menjerat orang2 untuk menjadi korban penipuan berkedok pendidikan. Perbuatan yang sangat HINA.

    • roedy says:

      Percuma lapor Ahok, nggak ada gunanya…
      saya sudah emailin ahok 2 kali, dari global bahasa masih berjalan sampai kabur belum ada tanggapan darinya.
      Andai kata dia bereaksi dengan cepat sudah pasti pemilik global bahasa ketangkap, karena saya sudah tanyakan apakah tempat kursus dalam pengawasan disdik juga, kalau iya mohon untuk di cek tempat kursus global bahasa ini, karena banyak warga DKI yang kena tipu. Dan apakah ada ijinnya. Andai kata dia begerak cepat pasti ketawan ijinya tidak ada.
      Untuk menjadi perhatian publik, saya rasa blog ini perlu di sebar luaskan. Sebarkan ke Facebook, twitter dan social media lainya. Agar dapat menjadi perhatian dari pemerintah dan media masa.

      • Plumplum says:

        @Roedy : pak Roedy mgkn waktu itu emailnya cuman sendiri jadi kurang mendapat perhatian pihak pak Ahok. Tapi kalo yang sms atau telpon rame pasti menarik perhatian dan kemarin malam melalui teman kami, sudah di minta kumpulkan bukti lengkap. Kita berharap dengan banyaknya laporan yang masuk ke pihak polisi dan Gubernur maka case ini akan jadi perhatian mereka. Saya setuju juga dengan menyebarkan ke khalayak ramai agar menjadi perhatian pemerintah dan mencegah para penipu ini untuk menjerat korban korban baru. Case global bahasa ini harus tetap jadi hot topic jangan sampai dingin seperti case lain sebelumnya sehingga penipu2 seperti Riswanda dan kaki tangannya masih bebas berkeliaran menjerat korban2 baru hanya dengan gonta ganti nama Tempat kursus.

      • Mariana Joto says:

        Siipp…ayo kita rame2 minta pertolongan sm Pa Ahok karena ini jg kejadiannya di wilayah beliau,mari kita kirim sms dan email kpd beliau agar Riswanda dan antek2nya jgn enak2an berkeliaran cari mangsa lain lagi di mall2 lain & di kota2 lain. kita semua berharap semua tempat kursus dgn modus penipuan yg sama akan segera terungkap dan segera di penjara semua otak2pelakunya.terima kasih salam kompak

  31. Nia Yuriasty says:

    Kira2 pada kemana ya itu org2…, ga ngerasa dosa apa yaa makan uang orang2 yg niat mau belajar tapi di tipu, kalo.gue waktu itu nama sales marketingnya , anas, rasanya pengen gue tampar tuh orang , ama cewek yg namanya ratu…pakaian rapi2 macam bisnis apa aja cuma penipu semua, biar pada busuk tuh usus makan uang haram,

  32. susy says:

    Sis.. saya mau tanya… bagaimana dengan dunia bahasa? Saya di bandung … 2 hari yang lalu saya pergi ke pvj bandung … lalu di tawarkan dunia bahasa… klo ga salah 10 juta setahun… saya tanya apakah ini sama dengan global bahasa… dia bilang beda, klo global bahasa itu sudah tutup karena penipuan… saya kaget karena anak teman saya masih les di situ walaupun teman saya bilang klo global bahasa ga beres kaya nya nipu. ga sesuai dengan yg di janji kan… kemarin saya di WhatsApp oleh marketing nya… dia tanya mau ikut trial tidak..saya jawab nanti dulu saya masih mau pertimbangkan…. kalau memang sama seperti nya saya musti broadcast ke teman teman saya … thanks

    • Angelina Cynthia says:

      Saya kurang tau dengan Dunia Bahasa ini merupakan 1 sindikat modus penipuan apa tidak.
      Harap sis membaca dengan details komentar di posting blog ini. Dan kalau saya boleh saran, Jangan belajar bahasa asing pada kursus yg menawarkan berbagai keahlian bahasa, dengan 1 harga.
      Belajarlah di tempat yang pasti, dengan rekomendasi teman yang sudah pernah belajar di sana, & bisa kita dengar/lihat hasilnya sendiri.
      FYI; Si Bobby Ray juga pernah bekerja di Dunia Bahasa soalnya.. Kalau menurut dia sih bener sis, lol ^^

  33. Suryanto says:

    Utk BOBBY RAY lagi ya,
    uang yg km blg blm dibayar itu adalah utk bln trakhir tp yg sblm2nya sdh km trima, jd jgn blg km gak menikmati. Kalian smua marketing global bahasa sdh menikmatinya, bonus jalan2nya jg dr uang kami. Uang pendaftaran sy sdh km nikmati komisinya tau.. silahkan lapor ke polisi klo emg km korban, sy bs pastikan km gak bakalan keluar dr kantor polisi hr itu jg.. dan please ksh tau kami smua kapan mau dtg, kami semua akan menyiapkan ‘sambutan yg hangat’ buat km..

  34. yuli says:

    Wah ini uga ud msk bandung loh… sering ada pameranya kok ampe skrg.. jakarta ud pd blacklist jd pindah kota kaya na y hehhe.. tobat aja d buat yg mah kerja disana..ksian org2 yg ditipu apalagi kl yg ditipu duit na emang pas2an. Dosa na berlipat2 kl nipu org yg ga punya..
    Pikirin aja kl kalian or kluarga kalian jg ditipu gitu apa rasanya?

  35. jess says:

    Wah gawat banget neh.. sy jg dulu jg daftar rumah bahasa.. sama janjinya ya bgitu, tp wkt itu sy pilih pun karena jamnya yg super banyak or at least bgitu yg dijanjikan.. soalnya kan sy kerja neh jadi perlu sekali yg ada jam malam
    hahha tapi sedihnya sy dah bayar neh utk 2bulan 1,2jt gtu lah utk di emporium pluit mall tp ga kepake sama sekali. Soalnya semenjak buka sy check tiap kali ga ada jam malam utk bahasa koreanya (yg sy daftar wkt itu) super kecewa tp pikir ya tunggu lah ya.. katanya mau di contact kalo sudah ada.. ya pun ga pernah di contact.. sy minta dituker nama, eh dia minta uang tambahan katanya promonya dah beda.. yasudah sy bilang sy tunggu saja.. tp sampai saat ini tdk ada kabar.. mgkn sudah hilang kali ya..

    • jess says:

      Oh yaa anyway tambahan sedikit.. ini salesnya kayaknya muter2 ajah deh.. Since waktu sy daftar di Rumah Bahasa di Empo dibantu sama si sebut saja S lah ya.. trus wkt itu sy lagi ada acara di Puri Mall nahh sy liat neh si S lagi sales lagi tapi pas perhatiin namanya bukan rumah bahasa lagi tp yg lain lagi, not sure apa seh soalnya ga gtu perhatiin namanya..

      sbenernya liat si S ini di lembaga lain saja sy udah sempet ada bad feeling utk rumah bahasa.. abis kesannya kok pake freelance gini kalo kenapa2 sy harus cari siapa ya kan? Malah wkt itu blum buka..

      Anyway emang harus super hati2 kalo salesnya cuma gencar cari duit tp ga perhatiin murid2nya wkt dah mulai

  36. roedy says:

    Dear Angel

    kita senasib sis sama2 korban riswanda

    boby rey lu jgn banyak mulut kalo emang kamu korban lapor dong ke polsek kan kamu juga dirugikan>> gw sangat senang sekali dan menunggu kedatangan lu di polsek kalideres… kita juga korban dari hasil mulut lu sebagai manager marketing global bahasa or speak easy dirugikan dan berhak umtuk melaporkan KAMU bukan hanya RISWANDA sebagai owner..

  37. Mahisi Ruci Windraya says:

    Dari info yang saya dapatkan..Riswanda dulu pernah bekerja sbg Cleaner (ISS), lalu jadi marketing, dan naik jadi Manager Celebrity Fitness (Bisa lihat juga di foto pertama dia pakai kaos CelFit).
    Kalau dilihat dari perjalanan dia, sepertinya kurang yakin yaa kalo dia benar2 ownernya. Mesti diselidiki lebih lanjut.

  38. dee says:

    waw.. kaget liat brosurnya ada tulisan kampus bandung.. saya domisili di bandung, dan setau saya, di mall tsb ga ada kampusnya. mereka cm pameran doang disitu.. dl tiap lewat booth mereka selalu nawarin, untung kaga tertarik… thanks infonya.. smg spt ketangkep yg nipunya…

  39. rose says:

    Tadi d mall baywalk juga ada yg menawarkan kursus bahasa kayaknya msh sejenisnya d coba aja datangi jangan2 salesnya sama

  40. Tania says:

    Weh yg sabar ya sis Angel. Saya jg pernah hampir ketipu di SMS cuma saya mundur krn menurut saya terlalu murahan gt marketingnya gencar ga karuan dan gak sopan. Tipe2nya sama lah janji manis guru native blablabla cuman kurang ajar bgt marketingnya menatap ga yakin saat menanyakan kemampuan bahasa inggris saya karena KATANYA pengajaran dgn native dlm bhs inggris, dalam scale 1-10 saya jawab aja 10 dia nampak ga yakin again dgn muka merendahkannya, saya kesel saya bilang lah saya lulusan internasional. Seperti comment di atas juga sama kejadiannya dgn saya orang marketingnya maksa bgt untuk deal, karena masih kuliah saya bilang saya mau tanya ortu dulu dong, dia bilang ada debit card ada kan? Saya jawab ada, dia tanya dong apakah isinya ga cukup dan tanya saya dgn merendahkan “emangnya ga punya kredit?” Betul2 ga sopan, saya jawab aja uang bukan masalah mau bayar nanti harganya berkali lipat juga gpp asal ortu ok. Setelah itu saya dpt sms diuber2 suruh deal sampai dikasih deadline saya bilang ga jadi. Setelah bilang ga jadi masih berkali2 saya ditelpon oleh orang berbeda tapi ya dari dunia bahasa dunia bahasa lagi aja. Bener2 keterlaluan untung bgt sy ga jd daftar. Keselnya masih sampai sekarang

    • truzzi says:

      Saya juga pernah ke SMS dapat perlakuan seperi itu sis
      bener-bener ngeselin, akhirnya saya kerjain aja salesnya pakai nama palsu

  41. Anonymous says:

    Halo semua

    Saya turut prihatin atas korban penipuan ini

    Saya hanya mau menyampaikan, dunia ini kebanyakan palsu, bhs inggris promiscuous lah

    Ada pepatah, ADA HARGA ADA RUPA
    Jadi Kalo bayar 6 juta di iming2 native teacher ya too good to be true, masalahnya EF sebulAn aja bayarnya 3 juta sebulan Wall Street 5 juta lebih per bulan itu baru HARGA dan quality :) Jadi waspadalah terhadap penipuan Kalo terlalu Murah kurang terjamin

  42. sri rahayu says:

    saya jg daftar di tangcity ,sering tanya bag pemesaran jg jawaban gak jelas pernah tlp sama yg tercamtum di blosur jg jawabannya tdk jelas terakhir katanya tgl 10 mei pasti buka di tangcyti saya tgl 11 datangi katanya di ruko sudirman belakang universitas m seblh notaris saya ke sana ech ternyata cuma ruko kosong akhirnya ke menejeman tancy tanya apa benar mau di bika kursus itu di alamt trsbt ternyata menejenem tancy bolang kl pamerannya aja blm lunas bayarnya dan di hub tdk bisa , setelah baca komen 2 di atas jg kepokir untuk lapor ke polisi , apa ada ibu 2 yg mau lapor ? juk kita sama 2 mksh

    • Mariana Joto says:

      @Srirahayu kasusnya sdh sampai di Polda Metro Jaya bu, nanti kalau ada pemanggilan dr pihak Polda, mari kita sama2 memberi kesaksian bu.Terima kasih

  43. andrew says:

    Emg dri sistemnya jg uda keliatan aneh sis. Dia ngasi komisi gde bgt ke marketing. Haha. Ati2 ajah kalo sama yg aneh2 gin8.

  44. putri says:

    Kalau saya boleh kasih saran harus diberitain di semua media,baik cetak maupun online,,masalahnya ini total kerugian dr semuanya lebih dr 3M loh,,ga bisa dibiarin dia hidup tenang,kalau bisa semua media meliput kasus ini,,dibuat rame sekalian,biar ada tanggapan dr kepolisian,kasusnya segera ditangani dgn cepat.

    • plumplum says:

      Bener putri. Mohon bantuan semuanya di share di sosmed biar semua orang di Indonesia aware akan penipu2 ini. Bukan cuman lebih dari 3M saja saya rasa yang sudah mereka tipu dari para korban. Korban mulai dari yang 1,5jt sampai ada yg kena 30jt per org. Berapa tempat yang sudah mereka tutup dan berapa ratus murid yang ada daftar di tempat kursus mrka, angkanya yang di kalikan hasilnya akan mencengangkan. Makanya mereka keenakan itu kalo lepas sekali ini. Penipuan berkedok pendidikan, hina banget perbuatan mereka. Karena orang tua dan murid2 yang daftar di sana bukan karena sifat serakah sprti investasi kan uang untuk dapat return bunga tinggi dsb nya tapi ini kami daftarkan anak2 kami di sana untuk bisa belajar dapat ilmu untuk masa depan yang lebih baik. Tapi di tipu mereka.

  45. Rena says:

    Sepertinya lembaga sejenis sudah memasuki wilayah Surabaya, saya sempat ditawari di salah satu mall oleh kursus bahasa yang sistem dan penawaran promo2nya persis sekali dengan Global ini, namun dengan brand yg berbeda. Untung saya tidak jadi daftar karena kebetulan tidak bawa dompet dan pacar saya sudah mencium adanya penipuan. Semoga selanjutnya tidak memakan korban lagi.

  46. Qita says:

    Ayo pasang hastag #PenipuanKursusBahasa di media social, share link blog ini dan kalau ada link link yang lain juga…, biar jadi trending topic

  47. nanik says:

    Mohon info dong jadi tadi yang ketipu di GLC itu sama tidak dengan global bahasa. Saya juga ketipu di GLC gajah mada. Padahal udah survei tempatnya dan disitu ada kehidupan belajar mengajar tetapi masih aja kena tipu. Ayo sebarkan berita ini ke temen2 kita biar mereka tidak tertipu seperti kita.

    • putri says:

      Masalah ini harus disorot sama media cetak maupun online,seluruh daerah diIndonesia harus tau,,masalahnya ini sindikat penipuan,jd yg bekerja tidak hanya 1’orang,,harus kompak menuntaskan masalah ini,riswanda harus ada itikad baiknya dan harus bertanggung jawab,jangan bisa kabur seenaknya,dia udh makan uang orang milyaran jumlahnya.Istrinya juga pasti terlibat dalam masalah ini,dia pasti ikut makan uangnya juga. Masalah ini harus di publikasi juga di media massa,,Tv maupun radio.Harus segera masalah ini dibuka seluas2nya ke public

  48. putri says:

    Ini sepertinya dia sindikat penipuan,soalnya bukan hanya 1 owner..penipuan macam begini harus di sorot tajam sm media,biar daerah2 lain juga tau,pokonya kasus ini harus terbuka,korban bukan hanya 1 atau 2,tp ratusan..kalau sudah media yg menyoroti pasti kasus ini cepat dapat tanggapan dr berbagai pihak.

  49. Putri Agustina says:

    Miris banget deh ternyata ini penipuan, waktu itu aku daftar di pameran Daan Mogot sekitar akhir September lalu niatnya mau dapet ilmu dengan ekonomis. Dealnya juga sama Mas Roy ini. Mungkin aku masih lebih kecil kerugiannya ya dari Kak Angel dan lainnya, aku kena yang 3 bulan (+3 bulan) 1,7 juta. Waktu itu aku memang mau di Daan Mogot Center karena dekat rumah, tapi karena mau buru-buru belajar aja, aku start di Taman Palem sampai Desember awal. Januari pindah ke Daan Mogot terus karena materinya mundur dari Taman Palem (mau gak mau malah ikut ngebahas 12 tenses lagi), jadi aku gak les-les lagi untuk sisa yang kurang lebih 3 bulan lagi lah. Semoga segera terusut kasus ini ya, korban mendapat keadilan.

  50. anonymous says:

    all, saya domisili bandung, dan di mall2 yang disebutkan di aana tidak ada kampusnya. Apalagi di Festival City Link, hampir 2 minggu sekali saya ke sana, hanya ada tempat ruangan kecil bekas travel cipaganti, meja pun hanya tampak 2 atau 3, mau di les kan dimana murid2nya.

    Heran juga dengan pihak mall mengapa setelah berita ini keluar tidak di follow up, kan mengganggu kredibilitas tenant2 di mall tsb.

    • Je says:

      Maaf, saya les di GB Festival Citylink dan masih jalan sampai sekarang, tapi ada kok ruangan untuk belajarnya dan kebetulan banyak juga yg belajar di situ, tp saya masih blm tahu ini penipuan atau tidak.

  51. truzzi says:

    Udah sering ditawari ginian dari produk yang berbeda tapi intinya sama, menawarkan kursus bermacam-macam bahasa dalam satu harga. Dijanjiin native speaker lah, kelas fleksibel, tempat keren nyatanya jelek. Hampir tergoda tapi teman saya yang kegoda, ilang dua puluh juta :(

    salesnya kurang ajar, sampai nelpon jam satu pagi cuma buat promosi beginian, nanya saldo rekening, ada jaminan lah apa lah, Pameran di mall tempat aku udah sampai setahun lebih pula. (di daerah karawaci), sekarang udah sepi, kayaknya orang-orang situ udah pada nyadar kali ya

    Tahu beginian pertama kali di rumah bahasa, aku tinggal di kelapa gading, karawaci karena kuliah
    ditawari macem2 dengan janji surga untungnya bokap larang

  52. hilda putri jasril says:

    Yang namanya riswanda emang penipu bangeeet! saya juga pernah ketipu pas daftar celebrity fitness waktu itu dia menegernya kalo gak salah dan rekan2 dia di celfit waktu itu juga pada gak seneng soalnya dia teralu banyak nipu orang untuk kepentingan pribadi. saking keselnya saya waktu itu saya juga pernah maki2 dan ngancem dia buat ngelapor ke pemilik celfit gara2 kelakuan dia yang nipu saya

  53. Indra says:

    Sis,
    Dari salah satu capture BBM, mencantumkan web http://www.duniabahasa.com
    Di dalam web tersebut malah tercantum :

    duniabahasa.com bukanlah sebuah badan hukum. duniabahasa.com juga bukan lembaga kursus bahasa asing. duniabahasa.com hanyalah sebuah sarana untuk berbagi dan membahas pengetahuan bahasa-bahasa di dunia.

    • Ari says:

      Saya juga baru saja buka web yang ada di capture BBM dari BR lalu ada keterangan seperti ini

      “duniabahasa.com tidak berafiliasi maupun bekerja sama dengan pihak pengelola kursus Dunia Bahasa.”

      Lalu setelah saya cari tahu, ada lagi website http://www.dunia-bahasa.com yang kali ini sepertinya betul2 web dari sebuah lembaga kursus bahasa (soal lembaga ini terpercaya atau tidak, saya tidak tahu)

      Kalau benar BR bekerja di Dunia Bahasa, masa nama website dari tempat dia bekerja saja sampai salah tulis? Atau dia bekerja di lembaga kursus lain yang kebetulan namanya sama2 Dunia Bahasa, namun bukan yang saya maksud di web di atas, dan sebenarnya Dunia Bahasa tempat kerja BR itu tidak punya website dan asal comot web yang bernama sama?

      • Indra says:

        Kalau marketer sampai salah cantumkan alamat, itu hal yang harus dipertanyakan. Apalagi sebelumnya tertimpa kasus.

  54. Sri Ambar says:

    Pengalaman yg sama dgn yg sy alami dgn Rumah Bahasa di ruko Emporio. Iming2 belajar bny bahasa dgn jam flexsibel n native speaker. Dr awal seh sy udah blg cm mo belajar bahas korea. Memank bener mrk pakai native speaker. Cm ga ada pengalaman guru. Untuk bahasa lain ada pakai local jg. Dari pembayaran dan mulai kursus jeda waktunya 6 bulan. Dan waktu dicomplain agar bis refund disuruh minta refundny ma marketingnya. Padahal marketingnya udah resign. GMnya ga mau turun. Akhirnya anggap aza buang sial 1.6jt.Untung sy ga mau ambil 1 tahun krn mo liat dulu bagus engganya. Tp sampe skr Rumah bahasa msh berdiri seh. Dikelapa gading 1 dan ruko Emporium 1.Pengalaman cari tempat kursus yg memank specialis aza. Krn kenyataanya belajar bahas memank bertahap n ga ada yg instan. Sulit untuk belajar lebih dr 1 bahas di waktu yg sama kecuali memank full time hanya belajar bahasa.

    • Rini Diana says:

      Waaaa sy kena jg donk ya !! 6 bln +2 bln 3.6 jtpkir bagus ternyata huuuuuuuuu…. masa yg ngajar oma2 native ak masuk itungan jari coz jadwal ga pasti temen ga pasti mkt angot2an… dh ga da semangat so bye!! Ckkkkk … no 7 language in one .. no instan… choose one and better result u get … Ak mau german ktnya mau di kbrin malah ga di kabarin … mending kursus yg bgs dh qk .. sbr y angel semoga lebih waspada n FREE TRIAL betul sekali.. salam sejahtera mengapa sy pilih keluar negeri ya begini

  55. Andrew says:

    Nah loh, biasa pada agresif marketing nya.. Ternyata bener nipu..

    Saya juga pernah kerja d tempat kursus tapi cara menarik minat orang ga sampai segitu nya di pepet macem sales2 alat rumah tangga yg ujung2 nya nipu juga..

    Sabar ya sis.. Semua ada balasan nya…

  56. aomine says:

    Aku dulu ditipu rumah bahasa sebesar 10 juta buat 6 bulan. Dijanjiin native speaker dari jerma dan perancis nyatanya ga buka2 sama sekali mana dimaki sama salesnya katanya aku kismin uang 10 jt dipermasalahin

  57. Putra says:

    Gue juga udah ketipu. Kejebak sih tepatnya. awalnya gw jalan-jalan ke mall di deket rumah (Bandung) abis pulang kuliah belanja keperluan. Pas ngeliat ada stand tentang kursus bahasa gitu gw tertarik karena gw lagi nyari tempat belajar bahasa. Alhasil gw coba tanya2 dulu niatnya. Gw ditanya scale 0-10 tentang pertanyaan2 minat, kemampuan, dll. Pas gw tanya programnya apa aja, kok jawabannya ga jelas mereka ini. (Sebelumnya gw udh pernah les di lembaga-lembaga berkualitas dan terpercaya semacam TBI, dll) jadi gw tau kenapa global bahasa ini ga jelas. Udah gitu SAMA banget sampe nanya saldo di rekening gw brp, ga sopan banget sumpah. KTP dan kartu ATM gue dipinjem modusnya gitu, eh taunya mereka ngejebak gue. Bayangin aja coba harga yang doi tawarin 12 jt, karena gw pake kartu ATM bank **A, gw dapet program beasiswa dari bank tersebut kemudian ditawarin untuk bayar setengahnya. Dari sini gw curiga kok dimain-mainin gitu harganya. Untungnya gw ga langsung gesek.

    Pas gw mo cabut, mereka maksa gitu buat bayar pendaftaran dulu, padahal kalo gw minat gw bisa konsul dulu ke ortu. Gw bilang “Nanti lagi deh mas/mba saya tanya orang tua dulu, soalnya orang tua saya yang biayainnya”. Trus gw bilang nanti kesini lagi malah tetap maksa buat bayar dulu dengan memotar balikan kata-kata gw gara-gara scale belajar bahasa asing gw minatnya 10 dari 10. Awalnya 600rb untuk pendaftaran, ngobrol2 lama akhirnya jadi 300rb. yaudah gw bayar, udah males bgt pengen cepet2 balik dan ngambil ktp sama ATM gw yang ditahan. Dan lucunya ga ada mesin debetnya, gue dikawal sama kroco-kroconya 2 orang buat pergi ke ATM ngambil duit (lumayan jauh nih ke ATM centernya). Sambil jalan, mereka ngobrol sok-sokan, “duh sayang banget aku hari ini ga les nih” (karena si kroco ini ngaku les juga disana) ngehe banget sumpah.

    Sampe sekarang gw masih diterror terus buat ikut placement dan bayar biaya kursusnya. Diteleponin, sms, sampe whatsapp. Semuanya udh gw blokir nomor-nomor yang berbau gombal bahasa.

    Segitu yang bisa gw share, mohon dipertimbangkan kalo yang mau les model2 begini. yang pasti-pasti aja lah ya.

    • Melisa says:

      sama banget Putra, aku juga ditawarin di Bandung (Istana Plaza) dan sama juga ditanya2 sampe ke saldo atm gitu karena aku ga mau langsung autodebet. Emang aneh sih dia bisa langsung autodebet buat bayar uang les masa autodebet buat formulir ga bisa. Bahkan dia sampai nanya saldo atm aku berapa, cukup atau ga buat bayar separo dari biaya kursus. Kan ga sopan.
      Aku tadinya mau ikut, tapi 7 juta kan gede juga, mana aku masih dibiayain orang tua. Ya udah aja aku bayar formulir buat secure harga potongan beasiswa itu, karena katanya kalau di kedatangan kedua ga akan dapet harga segitu. Eh seminggu setelahnya aku ditelepon lagi sama pihak sana, nawarin mau ga ngelakuin pembayaran dengan harga potongan yang diancam ga bisa dapet lagi itu. Kok dia bisa lupa aku udah bayar formulir? Data aku bayar formulir ga ada dong? Akhirnya aku memutuskan buat ga jadi ikut aja, cari aja tempat les bahasa lain yang bayarnya bisa per bulan. Terus 3 minggu kemudian (setelah lebih dari masa formulirnya kadaluwarsa), aku masih ditelepon untuk membicarakan masalah pembayaran, mau hari itu juga atau waktunya didiskusikan lagi. Kok ga lucu sih.

  58. aomine says:

    Maksud hati aq ingin jadi polyglot kayak yang lain eh malah ditipu mana dijanjiin zama marketingnya dulu bakal buka bahasa norwegia, belanda, swedia ternyata aq ditipu. Sakit hati aq mana itu kursus dr kupon pacar aq yang sekarang mantan
    gara2 rb aku ptus dr pcrku yang ternyata sales rb

  59. Laura says:

    aku jg bbrp bulan lalu pernah dipaksa ikut global bahasa di tang city, ce –,
    Kata nya cuma mau nerangin 5 menit, tp aku minta udahan karna buru2 malah ga dikasih — dia blg rugi loh biaya kursus yg harusnya 14jt setaun jadi 7jtan..emg tergoda sih sama iming2nya, tp aku blg aja mau nanya ortu dlu, aku pura2 tlp ke nomer mamaku yg udh ga aktif haha, ampe dia ikut2 nelpon pake hp nya — ngomongnya ga ngenakin banget, katanya udah kerja masa masih ijin ttg biaya sama ortu, kalo gt kamu bohong , cuma mempermainkan kita *maksud abis tuh marketing yg kya banci..
    Yaudah saking dia maksa nya minta aku bayar DP aku bayar aja 500rb, setelah nego2 ama tuh org — menyebalkan banget pas katanya mau lihat atm, ama dia dipegangin aja, aku minta balikin dia malah masih ngoceh aja — yaudah aku sepik2 bayar cash.. katanya kalo emg ga dikasih ijin uangnya bisa minta balikin..tapi maksa bgt malemnya kalo udh ijin ortu harus lsg trf sisanya..yaudah aku ga mau balik lg, dia nelponin terus jg bodo amat deh, aku udah males digituin, karna katanya jg yg ngajar itu dia org jg nantinya — untung aku liat blog cc ini , anggp aja aku buang sial 500rb..sebelum hilang jutaan
    Thx

  60. Adelia Larissa says:

    aku jg les disitu dr january :( mama ak nanya knp ak ga les2 dan ak blng kalo tmpt les nya udh di tutup dan mama mau uang nya balik dan itu lebih dr 7jt, tp ga ada bukti ak les disitu karna surat2 yg awal itu di ambil semua sm mba2 yg di dpn, jd kita hrs gmn ya?

  61. Liana Azhuri says:

    Wah kak, kasusnya sama kaya aku, aku kursus bahasa asing yaitu inggris sama jepang di GLC Pejaten Village. Baru 2 bulan les, eh dapat kabar dari temen sekolah yg sama” les disana kalo GLC itu nipu… yaudah deh 5juta melayang yg renaca nya bakal digunain untuk belajar selama 8 bulan di GLC… (´;д;`)

  62. putri says:

    Istrinya lagi hamil 5 bulan katanya waktu aku ketemu di polsek kali deres,kasihan bgt yach,punya suami macam riswanda bgt,bukannya dibuat bahagia,yg ada bawa malapetaka,blm lagi anaknya yg lain usia 3thn sm 9bulan,masa depan anaknya terancam suram klo punya orang tua macam riswanda bgt

  63. Nicole Carina Cu says:

    Org kyk gitu mah gk usah dipercaya… tiap kali aku pergi ke mall pasti di tawarin dgn berbagai brand yg berbeda… itu bikin org kecewa tau

  64. Fitzy says:

    First, Buat yang ketipu, diiklasin duitnya krn Tuhan pasti ngasih lebih dari yg udah hilang tapi tetep berusaha laporkan kasus ini kepolisian supaya nggak ada korban lagi
    Kedua, buat mbak angel, jangan takut dilaporin sama Bobby ! Kamu punya backup banyak disini ! Kalo sampe dituntut, semua pasti turun tangan
    Ketiga, buat semua yang ketipu, kenapa nggak coba ketemuan, bawa bukti2nya dan laporin bareng2 kepolisi atau ke kantor gubernur ? Gue rasa polisi/gubernur/media pasti nggak akan diem. Kalo 1 1 orang diproses bakalan lama, tp kalo ngerusuh rame2 bukannya malah akan ada aksi ?
    Yang terakhir sih buat mas bobby, whoever you are, Plis jangan bawa2 Tuhan, Tuhan mana yang ngizinin penipuan ? Menurut lo, lo bener, oke fine. Prove it ! Jangan cuma kata2 yg ditulis disni ^^

    Smoga smua cepet selesai yaa GBU

    • qitanet says:

      Gw Setuju Sekarang ini semuanya pada punya groupnya sendiri sendiri, gw rasa memang harus bersatu berkumpul sukur sukur bila ada seribuan orang sekaligus ke polda biar rame, karena yang rame rame ini akan jadi fokus media masa.

      Ayo, kita bersatu jangan bikin group sendiri sendiri….

  65. Jerry says:

    Waduh kasian yang udah ketipu, ya semoga uangnya bisa kembali ya…
    Lalu kalau bisa pelakunya jangan dihukum penjara.
    Cukup ditelanjangin sisa baju dalem aja, trus disiram aspal, trus ditaburin bulu ayam, digantungin tulisan: “saya tukang tipu”, lalu diarak deh ke mal-mal tempat dia menipu.
    Setiap mal seminggu, gitu. :p

  66. chacha says:

    masyaallah pantesan thun kmrn saya sdh byr 700ribu tp ngga di tlp dri pihak globalnya padahal sdh tgl khursusnya. baru 3bln saya bru d tlp d bekasi grand mall kranji untung saya ngga byr full

  67. Momocha says:

    Dear all,

    Thanks atas info dan comment2nya yang membuat perjalanan 3 jam Johor-Singapore saya terasa cepat. Semoga ga ada lagi kasus penipuan seperti ini, atau paling tidak semua aware karena informasi dari blog ini.

    Sekedar saran kepada teman2, cara paling gampang belajar bahasa adalah praktek langsung. Daripada bayar mahal buat kursus, mending beliin materi materi (buku,film,majalah) berbahasa asing buat anaknya, jgn lupa beli kamus. Youtube juga banyak materi kursus.

    Semoga pelakunya cepat ketangkep.

  68. jo says:

    Orang ini saya tahu karena pernah bekerja di salah 1 megagym. Intinya bisnis baru bahasa ini dibentuk dari org2 yg pernah kerja di megagym dan mereka coba mengadaptasi cara megagym tersbut dari segi keanggotaan. Saya kenal byk sekali org2 sales tsb yg pindah ke lembaga bahasa tsb. Dan saya bisa simpulkan mereka adalah org2 yg oportunis, mencari keuntungan demi diri mereka sendiri. Jd pesan saya waspada, krn byk sekali lembaga2 bahasa baru mirip seperti ini. Org2nya itu2 lg pasti

  69. jasa seo di jakarta says:

    Beda kasus sih, tapi saya dulu hampir aja nerima proyek kerjaan dari mereka. Untuk urusin website mereka dari segi SEO nya. Gak kebayang kalo akhirnya diterima n malah penipuan. Bisa tekor deh. lol

  70. Febby says:

    Sis angel, saya jg salah satu korban global bahasa Tangcity. Sis ngikutin perkembangan kasus ini? Krn marketing yg saya minta tolong jg kabur ke lampung dgn alasan gaji belom dibayar. Rada aneh sih. Gaji belom d bayar harusnya dy ikutan nuntut, tapi ini malah kabur.

  71. dananjaya says:

    hahaha untung sekali saya, di mall bandung juga ini ada ini sama persis global bahasa kalau gak salah.
    saya udah duduk tanya2 dll untungnya saya dan ayah saya yang kesana kebetulan ayah saya seorang TNI dengan background pernah sekolah militer di US, dan si markerting duh lupa namanya kaya banci kadal dari awal di ajak ngomong inggris sama ayahku dia gak ngerti sama sekali dan minta bantuan temennya dan akhinrya temennya juga gak ngerti sama sekali akhirnya ayah ku make bahasa sunda hahahahaaha , setelah panjang lebar persib dia nahan ktp sama atm lupa alasanya buat apa mau liat apa gitu di data katanya, setelah bokap banyak nanya as always gua tau banget bokap kalau ke stan pameran cuma iseng iseng doang nanya nanya karena di keluarga gua gaj ada yang gak bisa ngomong inggris dan mau kursus apa hahahaha pada akhirnya bokap gua mau pulang karena ibu gue udah beres belanja, eh taunya di paksa terus gak mau di balikin dengan cara ngomong terus bokap cuma ngomong sekali “mau balikin atm saya atau saya tembak mati kamu disini” kebetulan bokap lagi pakean dinas, dianya gemeteran banget bokap pukul meja orang pada ngeliat hahahaha temen temennya semua gak ada yang berani ngapa ngapain malah ada yang badannya gede banget malah ngomong bisik2 “udah balikin cepet” aaahahahahahhahaha gua tau banget bokap ke stan pameran cuma buat ngisengin marketing apalagi marketingnya half half gitu hahahahaha buat yang lain hati hati yaaaa

  72. bambang says:

    hahaha untung sekali saya, di mall bandung juga ini ada ini sama persis global bahasa kalau gak salah.
    saya udah duduk tanya2 dll untungnya saya dan ayah saya yang kesana kebetulan ayah saya seorang TNI dengan background pernah sekolah militer di US, dan si markerting duh lupa namanya kaya banci kadal dari awal di ajak ngomong inggris sama ayahku dia gak ngerti sama sekali dan minta bantuan temennya dan akhinrya temennya juga gak ngerti sama sekali akhirnya ayah ku make bahasa sunda hahahahaaha , setelah panjang lebar persib dia nahan ktp sama atm lupa alasanya buat apa mau liat apa gitu di data katanya, setelah bokap banyak nanya as always gua tau banget bokap kalau ke stan pameran cuma iseng iseng doang nanya nanya karena di keluarga gua gaj ada yang gak bisa ngomong inggris dan mau kursus apa hahahaha pada akhirnya bokap gua mau pulang karena ibu gue udah beres belanja, eh taunya di paksa terus gak mau di balikin dengan cara ngomong terus bokap cuma ngomong sekali “mau balikin atm saya atau saya tembak mati kamu disini” kebetulan bokap lagi pakean dinas, dianya gemeteran banget bokap pukul meja orang pada ngeliat hahahaha temen temennya semua gak ada yang berani ngapa ngapain malah ada yang badannya gede banget malah ngomong bisik2 “udah balikin cepet” aaahahahahahhahaha gua tau banget bokap ke stan pameran cuma buat ngisengin marketing apalagi marketingnya half half gitu hahahahaha buat yang lain hati hati yaaaa

    • truzzi says:

      persis kayak bokap ane, hobi isengin mereka kalau nganggur :ngakak
      apalagi kalau produknya nggak jelas kayak gini :nohope

      • Andre says:

        Gaya marketing celfit memang terkesan memaksa dan banyak janji2. Tercermin sekali penerapan strategi marketingnya disini. Hanya saja di sini penipuan…

  73. Aoctavio says:

    Hati2 di bogor saya liat sudah ada yg nama nya sev** languages.. marketing dan sales nya adalah orang2 yg sama. Mereka pindah2 kota. Jangan sampai tertipu.. saya adalah korban penipuan di glob** bahasa istana plaza bandung. Dengan marketing nama nya rizal lubis. Dan saya liat dia sudah bekerja di sev** languages bogor. Berhati hati bagi masyarakat bogor.

    • Gina says:

      S**ven languages. Saya juga hampiirrr kena. Waktu itu di Cipinang Mall. Yang ini cakupan kerjanya di Jaktim dan Bekasi sepertinya. Kisahnya kurang lebih sama dengan teman-teman di atas. Mari berhati-hati.

  74. Shriyadita Yenie says:

    Sumpah, serem banget. Untung masa kontrak aku untuk les di salah-satu-brand-les-bahasa yang besar udah selesai. Bikin deg-degan, karena biar bagaimana pun, ini bukan duit kecil. Mayan loh, hampir 7 juta melayang ga jelas :(

  75. selvy says:

    Halo, saya ada daftar kursus di tempat sejenis ini namanya ILC di Citra Land, itu kira-kira itu bener atau saya kena tipu juga kayak kamu ya? Barangkali ada yang experienced di situ :) thank you

    • L says:

      Aku bekas guru di ILC citraland…gk ada bedanya ILC dgn dunia bahasa, global bahasa dan smua les yg menjanjikan bbrp bahasa dgn wkt flexible..aku lulusan sarjana keguruan dan pendidikan..tdk ada dlm rumus dunia pendidikan memakai wkt Flexible…dan cb tolong tanyakan kpd para guru dsana..apakah mrk memang seorg guru dgn latar belakang sarjana pendidikan atau sastra???

  76. jennifer says:

    Yang sabar aja sis angel, berita ini udah kesebar dimana mana. Tapi, untung saja saya gak kena kursus di daan mogot. Soalnya banyak juga sih saudara saudara sy bilang itu penipuan.

  77. jennifer says:

    Bagi kalian kalian yang kena penipuan kursus ini, saranku ya laporkan ke pihak berwajib, atau bisa juga minta gugatan. Kursus ini kan tidak membantu, minta saja ganti uang yang sudah kalian keluarkan. Kan sayang kalau uang melayang beberapa juta. Jika tidak ada yang mengganti uang kalian, laporkan saja kursus penipuan ini, lalu, kalian bisa tarik uang kalian lagi deh. Ya berkat berita ini, kami yang belum tertipu bisa selamat. Berita ini sudah disebar oleh beberapa orang di sosmed, nanti pasti ada banyak berita di sosmed. Tunggu saja, nanti kian pasti bisa dapat uang kalian lagi^^ yang strong yah, kejahatan akan dibalas kejahatan kok ^_^

  78. Dori says:

    Saya juga baru-baru ini hampir terkena penipuan dengan modus seperti ini. Native speakers lah, bayaran mahal tapi materi bagus, pokoknya persis seperti ini. Karena ibu saya juga gampang tergiur dengan penawaran seperti begini, makanya saya dimasukkan. Untung rugi ibu saya cuman 300 rb sebagai uang pendaftaran. Kalau saya tidak melihat blog ini, mungkin kami akan tertipu 15 jutaan lebih. Siapa coba yang tidak tertarik dengan belajar bahasa Asing seperti Korea, Jerman, Jepang, atau bahasa lainnya dengan jangka waktu yang lumayan sedikit? Waktunya cuman setahun, tapi sudah bisa menguasai 9 bahasa dengan fasih. Itu sudah termasuk bahasa Inggris. Awalnya saya juga pingin, tergiur. Tapi karena blog ini, saya langsung tidak ingin lagi. Takut tertipu…

    Ya semoga saja pihak yang berwajib memproses masalah seperti ini. Kalau tidak diproses lebih lanjut, bisa saja kalian-kalian tertipu sampai puluhan juta.

  79. nov says:

    Dulu aku pernah di tawarin begituan di salah satu mall di jakarta, emang sih gasopan bgt nawarinnya. Untung aja aku ga langsung ambil soalnya udah illfeel duluan sama yg ngepromosiin…

  80. Harvest says:

    Hari kamis kemarin tanggal 14 May 2015 saya pergi belanja di Daan Mogot Mall, ada pameran kursus (kemungkinan kursus yang disebutin) di tengah2 mall dekat lobby utama yang ada tempat informasi juga. Pertama kali saya lihat kok model marketing hampir sama seperti marketing peralatan2 dapur yang ada di Mall biasanya, modusnya adalah menjual peralatan dapur dengan banyaknya bonus dan harga yang harus dibayar juga sangat besar. Aneh mikirnya kok marketing kursus seperti itu ya !!! Pertama-tama saya lihat mereka berkumpul dan dikasi briefing setelah itu semuanya satukan tangan ditengah dan semangat abis setelah itu bubar dan masing2 cari mangsa. Memang perlu di waspadai bahaya mengancam !!!

  81. Andrakarna says:

    Saya baca dan ketawa sendiri liat komen dari yangbersangkutan.

    Saya juga hampir pernah tertipu oleh beginian, nasib baik saya belum ada duit untuk bayar setahun, jadi saya tunda… Tapi dikejar kejar udh kaya punya hutang..

    Wah dengan adanya tulisan ini, membuat kita lebih ati ati lagi deh . Kursus gini banyak di mall mall buka pameran. Dikasih flier dan ditawarin, kalo udh tau nomer tlp kita, kita akan dikejar kejar untuk gabung.

    Hai, salam manis Rey. Kalau kamu merasa ga bersalah, kenapa mesti marah marah disini.
    Dear mba Angel, kenapa harus diapus foto foto nya, biar makin ricuh seru nih…..

    • Plumplum says:

      Yup harusnya fotonya tetep di pajang jadi org2 yg blm jd korban kalo ktmu dia bs menghindar. Tidak jadi korban nya.

  82. Irza says:

    Hai mba. Kebetulan aku juga les di tmpt yg sama tp beda cabang. Kesan pertamaku dua bulan stlh daftar adalah kecewa berat, krn sejak placement test aku ga prnh dihubungin sekalipun ttg kapan mulai dsb. Aku sampai berkali2 dtg ke tmpt les dan ttp ga dpt jawaban kapan mulai. Puncaknya krn aku sibuk kuliah jg jd aku ga sempet cek lg, tp pas aku cek, ternyata les sudah berjalan hampir sebulan dan aku sm sekali ga dihubungi. Konsep belajarnya pun mengecewakan, bahkan minggu kmrn bbrp guru2 sudah keluar. Aku jg ambil kls korea, ternyata katanya guru korea jg mau keluar katanya berdasarkan hasil rapat muridnya dikit. Aku sbg pengguna jasa tentu dirugikan, apalagi aku daftar setahun, baru les kurang dr dua bulan dan bahasanya dibatasi di tengah jalan. Makanya saran aku untuk yg lain harus bener2 waspada dgn konsep kayak gini.

  83. meyfinalti says:

    iya sy jg pernah ketemu dengan hal yg sama di GMP, ditawarin les bahasa asing all in one gini, karena merasa janggal sy tolak secara halus sj, untuk next na, kita harus lebih hati hati lagi, apapun itu klo org niat na mau nipu apa aj dilakuin so waspada
    ya…..

  84. Zalina Puri says:

    saya hampir mau daftar di global bahasa dan saya lebih pilih dunia bahasa
    saya blm selesai baca semua comment nya karna banyak dan panjang2
    saya udah 1bln les di dunia bahasa alhamdulillah lancar,semoga aja dunia bahasa memang beda dengan global
    saya juga takut kejadian seperti global bahasa,tp walaupun waktu mulai les nya gak tepat dg yg dijanjikan dunia bahasa tetap memberi kabar yg jelas dan memang benar adanya yang saya lihat ada tanggung jawab
    semoga beda yaa soalnya saya jg baru 1bln

  85. SINGGIH SUBEKTI says:

    saya juga kena tipu rasanya.4 maret saya ditawarin di mall carefoor buaran namanya nadya.singkat cerita saya setuju buat anak saya.staa sals ari,,,pimpinanya muchlis…dan anak saya katanya masuk awal april…tapi saya tunggu gag ada kabar,saya datang ke lokasi skolah,ternyata masih di renovasi.saya dapet jawaban malah dari orang tukang bangunan yg katanya mungkin pertengahan mei bisa masuk…..nah penasaran sampai skarang saya gag dikonfirmasi sama pihak skolah tersebut.saya putuskan coba datengin kesekolahanya.saya kaget,,,,knapa gelap……trus ada tulisan di pagarnya…dan saya baca…tulisanya,,untuk para wali murid…silahkan lapor ke polres jatinegara,karena owner GLOBAL BAHASA INTERNATIONAL LAGUAGE CENTERS KABUR…SAYA LANGSUNG LEMES,,,,,,,,,INI KO’ BISA TERJADI KEBOBOLAN KJAHATAN SPERTI INI….

    • Irza says:

      Dulu di cabang saya jg seperti itu. Janjinya soft opening mulai desember dan januari sudah lancar les, tp pembangunannya msh blm selesai smp maret.

  86. pokopang says:

    Global Bahasa ini emang buangsad
    Salesnya promo-promo janji surga dan sempat mau nahan ATM saya, ditanya saldonya berapa, ada kartu kredit nggak, minta nomor KTP, dsb.
    Jelas nggak saya kasih lah, itu personal masa mau dikasih ke sembarang orang. Gimana kalau suatu saat data itu disalahgunakan, memangnya mau tanggung jawab. Kurang goblok apalagi salesnya janjiin native speaker lah, katanya nativenya ini mantan aktor, mantan anggota boyband lah, mantan tentara lah, what the fuck. Cara narik konsumen bener-bener murahan dan bikin muntah. Pas gw bilang nggak bisa ikut karena gw lagi skripsi malah dikatain bilang aja ga ada duit, dasar kismin. Gw maki aja, gw bakal bayar pakai duit let’s get rich, puas lo [marah]. Benci gw sama tipe sales kayak gini, udah bilang ga mau masih maksa pula, tak punya otak malah ngatain lagi.

    Untung aja ga ikut global busuk ini, kalau ikutan duit bisa melayang. Mending kursus di tempat yang pasti-pasti saja, di kedubesnya langsung.

  87. stevila says:

    yaampun baru nampak postingan ini setelah di share salah 1 teman di fb :”( kena tipu nih yang di medan 1,5jt ;”( pantes heran kemarin janjinya tgl 10 maret sudah buka :”( help :””””

  88. anthony says:

    Saya jg kena tipu di global bahasa. Sales waktu itu namanya sisko. No hp jg usa ga aktif.
    Ya berharap yg terbaik ajalah.
    Kalo memang negara hukum ya harusnya yg berwajib menindaklanjuti masalah ini hingga tuntas tanpa kita para korban berkoar2 kan.
    Saya jg udah nyari riswanda tp dia hilang. Hidupnya mah ga bakal enak tuh orang.

  89. martin says:

    hati haTi
    berawal dr rumah bahasa di kelapa gading lotte mart, trus buka lg dengan merk berbeda di lapiaza namanya apa saya lupa
    marketingnya selalu pake orang2 celebrity fitness yang memang sux penipu semua
    jujur saya pembuat silabus kursus mandarin, begitu saya lihat modul kurus rumah bahasa..,dalam hati saya merasa ada yg hak benar.
    1. Gaji guru asing begitu banyak? Mustahil! Mahal cui!
    2. Les apa bahasa apa aja, tiap hari, tiap jam selalu bisa…
    lah gw buat modul kursus mandarjn tok aja stengah mati cuiii
    3. Janji2nya gaj masuk akal
    4. Owner rumah bahasa juga aneh banget gayanya mengerika kaya org pyscho
    untuk saya gak jd ambil les dsana,,,krn saya tertarik sekali bs belajar japanese dan english

    Menurut saya semua modusnya sama penipuan
    hati2

  90. Mr.J says:

    wah gw juga pernah liat boothnya di SMS,lumayan rame dan salesnya rajin banget gw liat,bisa dibilang bener bener beda sama yang lain,gw pengalaman sebagai SPB biasa cuma nawarin sambil teriak atau ngasih brosur,nah ini sampe ngbrol sambil ngikutin target.. kesannya ngejar ngejar banget wkwkwk

  91. Hetty says:

    Cynthia, thanks buat blog mu yg bisa membantu org2 agar gak lebih banyak lg korbarnya.
    Sbenernya awal ditawarin kursus global bhs ini aku sempet mikir, kok aneh ya.. Gimana cara kerjanya? Suruh bayar uang kursus dimuka jutaan, tempat kursus sedang direnovasi. Pasti uang kita dipake uttk renovasi. Trus gimana ntr mereka byr guru dan operasionalnya ya ? Apalagi dia bilang kursus bisa kapan aja jam berapa aja flexible. Tambah aneh aja.. Gimana kurikulum dan cara ngajarnya? Eh…. Tapi kok akhirnya aku kena bujuk rayunya RAY juga dan daftarin buat kedua anakku di Daan mogot rp 6,650.
    Dan ternyata pas masuk emang aneh.. Jadwal kursus tidak jelas, tiap kali mau les hrs telpon dulu. Anakku ambil jepang. Pas Kita datang gak ada gurunya…! Aku nungguin anakku dibawah ambil kelas lain. Marketingnya cewek bilang “pusing nih…susahnya cari guru jepang….” Aku nyeletuk “saya bisa bhs jepang, kan dl pernah sklh dijpg” Trus aku ditawarin suruh jadi pengajar part time. Lah ngapain aku ngajar disitu buat anakku sendiri ? Justru krn males ngajarin, aku les in anakku disini. Tapi iseng aku tanya mau dibayar brp ? Dgn malu2 dia bilang 40rb.. Biasanya sih dibawah itu…….. Oo pantes aja gak ada gurunya…pikirku.
    Abis itu sempet diliburkan 2minggu dg alasan mau atur jadwalnya. Pas libur itu di TV ada berita tentang penipuan global bhs dibekasi. Aku sempet kaget jangan2 ini juga sama. Tp untungnya setelah libur masih beroperasi lagi, walau jadwalnya tetep aja ngaco. Bahkan tambah parah..! Dan awal Mei, beneran ditutup. Digembok dan sudah gak ada plangnya. Trus aku add pin bb Ray dijawab, dia bilang dia juga korban. Tapi kenapa sekarang pin bb nya ilang ya ?
    Ray, kalau kamu juga korban, harusnya kamu ikut bantu kita2 yang ketipu ini. Kamu kan yang paling tahu dalamnya. Kasih info2 dan klarifikasi yang jelas, agar org gak ngejudge kamu termasuk pelakunya. Jangan malah kabur.. :(

  92. Suwardi says:

    Saya turut prihatin dengan kasus ini. Mudah2an Angelina tetap kuat hadapi cobaan ini. Semua korban ada di belakang ibu. Terima kasih untuk blog ibu ini,selain berkumpulnya korban2 juga ada yg terbantu jadi tidak tertipu. Untuk Bobby,mungkin dia hanya karyawan biasa yg kerja penuh semangat karena janji bonus jika bisa gaet korban2. Jika Bobby tidak merasa bersalah jangan takut untuk klarifikasi ke kantor polisi. Untuk Ruswanda,jika kasus ini bisa dibuat heboh sampai ke pers,saya yakin polisi akan bekerja lbh focus tapi jika hanya urusan kecil biasanya masalah hanya digantung. Jika berita ini bisa sampai pers saya yakin Ruswanda bisa tertangkap. Thanks G B U

  93. Pipi says:

    Selamat pagi, perkenalkan, sy adalah salah satu murid dari Dunia Bahasa yang masih berjalan. Panggil saja saya Pipi.

    Awal mulanya sy mendaftar di Dunia Bahasa itu, saya pun diiming-imingi dengan schedule yg bebas utk belajar, gratis 3 bulan dengan harga yg terjangkau, pengulangan materi pd sabtu / minggu sehingga kita bs catch up walau kita sibuk di hari kerja, pengajar native dan harga yg dimurahkan jauh dr harga yg diberikan. Jujur, sy si terpesona dengab kemampuan marketing org2 tsb, apalagi bbrapa diantara mereka ad yg sy kenal swaktu mendaftar di gold’s gym, mreka mantan marketing dsana.

    Setelah mendaftar dan gesek pake cc cowo saya, dengan biaya yg mgkn tdk bijak saya ungkapkan disini, saya pun mulai membayar per bulan cicilannya, namun Dunia Bahasa blm buka spt bulan yg dijanjikan, sy yg awalnya menunggu2 bngt, mulai takut dan curiga.

    Satu hari, saya lihat DB pameran di Summarecon Serpong, akhirnya saya datangi dan obrol dengan salah satu foreigner yg lg dsana, sy lupa namanya namun dr marketing pameran DB, saya ketahui foreigner tsb adalah pemilik DB. Saya pun tdk melihat org2 marketing yg ad wktu sy mendaftar.

    Saya pun curhat dengan foreigner tsb, sy bilang knapa pmbukaan DB telat dr yg dijanjikan. Beliau cerita bhw bbrapa org marketing menipu DB dengan membweikan janji2 gratis kpd org yg msk, bhw mereka adalah manager sana manager ini, pdhl tdk ad yg namanya manager d DB. Smwanya staff. Saya pun terkejut. Jadi, gratis 3 bln yg dijanjikan dan uang sy gmn?

    Rest assured, he said. Smwanya akan ttp brjalan dan dy akan ttp tanggung jwb dg smwa customer yg sdh daftar. Mengenai pembukaan yg teelambat, dy bilang krn lebaran, tukangnya pd ga bs krja dan tanggal pembukaan yg dibilang adalah salah. Smustinya stelah lebaran tp digemborin sbelum lebaran.

    Percakapan slesai dan sy pun tdk ragu lg. Well, mreka toh masi buka pameran, klo ad apa2, tinggal dtgin aja pamerannya, gt pikirku.

    Stelah jalan bbrapa bulan, sy ketar ketir krn blm jg les pdhl uda bayar trs tiap bulan. Dan sy dftr utk 1 tahun, gaji sy yg ga sberapa apa bkl ilang gt aja.. ga lama, DB pun bener buka, di dekat Giant. Ruang kelasnya banyak dan tempatnya cukup untuk memuat smwa siswa yg mendaftar.

    Staff2 nya pun baik2, walau memang resepsionisnya awalnya tdk terkoordinasi dg baik, namun seiring waktu mrwka bisa berjalan dg disiplin dan baik. Jadwal dikirim tiap awal minggu, kalaupun ada perubahan, mreka lgsg update jadwal dan kirim by email.

    Gurunya, yg semula dijanjikan native pun masih menjadi impian. Saat sy masuk, sy test written dan vocal dg guru bhs jepang yg baik dan bagus. Jujur, bhs jepang sy bisa dibilang cukup utk menilai kemampuan lafal seorang Indonesia yg omonk bhs asing, dan guru tsb trbukti bs ngomong dg lancar dan kemampuannya memang bagus.

    Sy tdk lg curiga, walau guru native bhs jepang masih blm tercapai, namun ad bbrapa bahasa lain yg memang punya native. Jd mgkn bhs yg sy tekuni belum berjodoh dg guru yg dijanjikan.

    Sudah 6 bulan sy belajar d DB, kontrak sy berakhir Desember. Saya akan bilang bhw pengalaman sy belajar d DB cukup untuk membuat hari1 sy, seorang karyawan swasta cukup berharga. Sy ketemu dg sensei2 yg baik dan benar2 teman yg berharga, (sayang beliau baru bbrapa minggu kmrn resign), staff yg friendly namun tegas, teman2 yg tdk mgkn bs sy dpt dtmpt kerja dan improvement bhs jepang sy yg sudah lebih baik, materi pun (walau awalnya krng terkoordinasi) cukup baik dan sesuai dg yg diajarkan. Untuk pengulangan tiap sabtu dan minggu, no, org2 marketing yg aneh swaktu pameran berbohong.

    Untuk ukuran kursus bahasa, bagi sy DB adalah salah satu tempat yg oke, walau awalnya krng meyakinkan, namun seiring waktu mreka bs bertahan dan improvement pun bisa dirasakan. Well, mgkn itu aja dlu yg sy share ttg pengalaman sy sbg murid Dunia Bahasa yg masi berjalan. Semoga kedepannya tdk ada apapun yg aneh2 terjadi disini.

    Go to hell lah smwa yg memakai nama ‘pendidikan’ dan kabur dg duit hasil kerja keras org2. しぬ! Semoga yg nipu dan kroni2 nya bs cpet ketabgkep angel. Nyari duit tp haram gt, i don’t know how they live, really.

    • Irza says:

      Yang bikin heran, segala kekacauan yang di GB pun katanya “kesalahan marketing” bkn kesalahan GB. Tapi ya saya heran, emg mereka ga ada koordinasi sm sekali? Jangan2 marketingnya sama, yg membedakan kl di DB ownernya bertanggung jawab, kl di GB saya ga yakin deh.

    • sankichi says:

      Ah masa pipi? Apa pipi ni salah 1 team marketing nya x yg lagi berusaha pulihin nama db haha, nama, tempat kursus ny dong dmn, biar yg udh pd ketipu mgkn bs curhat 4 mata sama kamu

      • Pipi says:

        Ahhh.. sudah kuduga bkl dibilang team marketing nya DB., boleh di cek deh ke angel nya lgsg, sy ud prnh kok obrol ama angel ttg ini., silahkan mw bilang sy team marketing nya kek, dibayar jg kagak sm DB wkwkwk., tempat kursus nya sy di gading serpong, klo mw curhat, bisa ke Dunia Bahasa yg d Gading Serpong langsung, liat ajah gmna kita blajar bhs jepun dsitu krn emank yg sy ambil bhs jepang.,

        Lgsg dtg aja buktiin sndiri, toh sy jg ga ad afiliasi sm Db, mreka jg ga ad hub apa2 sn sy, sy kan cm share sm tmen2 dsni ttg pngalaman sy blajar d Dunia Bahasa, semoga bs membantu, gt aja :3

        • Angelina Cynthia says:

          Sankichi, Pipi ini bukan marketing dari DB, sebelumnya pipi ini sudah pernah ngobrol sama saya tentang tempat kursusnya di DB. DB dan GB adalah 2 lembaga kursus yang ownernya berbeda. GB / SE yg dibawahi oleh Riswanda mmg sudah berniat hit n run. Sedangkan DB kegiatan belajar – mengajar masih berjalan normal hingga sekarang. Ownernya DB pun jg sudah menghubungi saya dan menjelaskan semuanya…( Mgkin km bisa baca last update)

  94. Kelpin says:

    adik saya dulu sudah pernah kena di mall emporium pluit.. kalau ga salah disana yang rumah bahasa ya, dan saya sempat iseng main2 ke pameran di mall taman palem dan mereka ngotot sekali memasukan saya, sampai atm bca saya di tahan.. saya sampai menegaskan marah2 karena pemaksaan sekali.

  95. yessie says:

    hi..mba2 smua,2 minggu yg lalu saya juga d tawarin les bginian di mall ciputra pekanbaru,namanya Speak Easy .biayany sama range 6 – 8 jt.tpi saya langsung g minat coz dia nunjukin tmpatny yg saya tau ruko tsb punya temen saya dan tidak d kontrakin.mrk akan mulai sept ktany.kesimpulanny mrk udah masuk k pekanbaru untuk mulai ttargetbaru.moga byk yg baca blog ini dan jugashare ke teman dn kerabat agar terhindar dri krban rk.buat rekan2 yg sudh mnjadi korban saya turut prihatin.smoga danany bisa kembali lgi.

  96. Fenny Wong says:

    Puji Tuhan at 1st saya jg hampir ambil kursus bahasa korea.. wkt itu pameran nya di season city. Kebetulan saya ke season city krn lg tunggu jemputan untuk KKR natal di Gelora Bung Karno.. hampir jg melakukan pembayaran. Tp saya urung niat krn saya pikir too expensive. and d bilang bahwa kelas nya akan d buka d season city.. wkt itu saya belum menikah. Krn pasangan saya korean. Jd saya berniat untuk memperdalam bhs Korea. Tp setelah d pertimbangkan dgn kondisi jln yg sering macet. Saya pun berpikir kembali ambil gak ambil gak. Dan marketing nya so active to call. Sampe saya begah sendiri & decided untuk gk mau belajar lg. Saya bisa ke embassy of korea jg memang wkt izinkan. So sorry untuk semua yg kena penipuan ini.. setelah membaca semua kejadian ini. Saya sgt SHOCK kok org niat mau belajar tp d tipu kyk begini. Katanya NEGARA mau cerdas kan bangsa hrs nya organisation spt ini d usut tuntas bibit bebet bobot nya sebelum d berikan izin usaha secara LEGAL.. saya sgt Berterima Kasih kepada angela atas info nya. saya jd belajar untuk lebih teliti lg memilih tempat belajar untuk anak saya kelak. GBU sist Angela

  97. Abi says:

    Perkenalkan saya Abi marketing Dunia Bahasa cabang mall PVJ Bandung. Sebelumnya saya mau klarifikasi tentang DB. Walaupun sempat ada keterlambatan buka, karena ada kesalahan teknis yg tdk disengaja, karena pembangunan kampus kami harus sesuai dengan instruksi dari pihak management PVJ.

    Tapi sekarang kampus kami sudah buka & proses belajar mengajarnya pun sudah berjalan, kurang lebih sekitar 1 bulanan. Boleh di cek kampus kami ada di Gd. Soho lt 3 & 4. Untuk kampus yang dijakarta dan cabang lainnya juga sudah berjalan. Dengan hormat sekali lagi saya mohon jangan samakan Dunia Bahasa dengan tempat kursus yg telah menipu saudara2.
    Terimakasih.

  98. Aguan says:

    Duh, sebenarnya gw kecewa banget krn foto si BR dihapus. Harusnya tetap ditampilkan biar dia tidak bisa lagi menipu orang lain diluar sana.
    Bullshit jika mereka bilang sebagai korban dari sang owner! Mereka ini sudah sekongkol! Diajarin cara menipu calon customer. Minta saldo bank, dimintain kartu atm dsb nya.

    Yang benar si BR ini kena getah aja. Dikhianatin sama si ownernya. Ownernya dapat duid banyak terus kabur, si BR gk dapat duid cuma bisa sembunyi.

    Buat ci Cynthia, please pampangin lagi fotonya.

  99. aprilchaii says:

    Hi Cynthia, kaget baca web kamu. Secara jadi korban penipuan juga..
    Aku daftar Kursus GLOBAL BAHASA di bulan Agustus 2014 lalu, waktu itu aku di tawarin sales mereka namanya Francisko atau Sisko.
    Aku sampe hari ini belum sempet Les sama sekali disana karena sibuk. Sekarang aku dapet berita ownernya ketangkep. Shock deh.
    udah abisin duit jutaan gak dapet apa apa.
    Dan buat BOBBY RAY,
    Kamu kan udah nikmatin juga hasil penipuannya Ray.. Udah jalan jalan ke bali malah..
    Seneng seneng aja kalian udah pada Nipu orang.
    Cari uang susah susah mau dapet ilmu malah ditipu!!

  100. Jo says:

    cukup kaget juga karena waktu itu sempet di tawarin di global bahasa pameran di istana plaza tapi ahirnya sih masuk dunia bahasa di pvj bandung. hehe

    Memang marketingnya itu mulutnya manis banget..kalo ga join hari ini gak dapet diskon ini itu..padahal besoknya dateng lagi dengan org yang berbeda dapet harga segitu. Trus kelas yang di janjiin katanya 7 hari dalam seminggu kayak Wallstreet gitu setiap hari buka..ternyata cuma sampe sabtu.. dan yang terahir katanya bakal ada native untuk level mandarin intermediate tapi sampe sekarang ini cuma janji2 doank dengan alesan kuota student untuk mandarin intermediate hanya sedikit jadi gak ada native..well padahal gue join berharap bisa blajar sama nativenya

    so far sih gue blajar di dunia bahasa pvj fine fine aja..meskipun blom ready/settle bgt tempat blajarnya karena masi under renovation. kalo bole jujur sbagian gurunya kadang tidak ready utk mengajar dan tanpa persiapan T.T

    happy learning all :)

  101. Ermia says:

    Hallo Angel, salam kenal…

    Sy jg salah satu korban penipuan kursus bahasa asing. Bisa kirimkan ke email sy foto si Bobby yg km maksud? Just to make sure aja, karena waktu itu sales yg nawarin saya juga namanya Bobby..thx

  102. Fendi Hong says:

    Salam Kenal….
    Saya punya keponakan yang ikut les Global Bahasa di Feslink Bandung, walaupun saya tidak mengatakan program pembelajaran yang buruk di Global Bahasa yang di Feslink Bandung . Saya mau ngasih info 2 fakta yang saya tau yaitu Jadwal Pelajaran yang sering berubah” dan pengajarnya orang lokal .

    Thank’s

  103. nova says:

    bener2 pemberani km angel!!salut buat keberanian km hadapin manajemen penipuan ini. Saya pernah hampir tertarik sama program bahasa yg mereka tawarin di mal DM. aneh jg sih kok mereka ngebu2 bgt pas nawarinnya. Krn sy lg sibuk kuliah mlm jd gk jd tertarik n langsung pergi tp mereka paksa terus tuh. Yg ada sy malah jd geli. hati2 deh buat semua teman…penipu byk di sekitar kita. Buat angel…moga berita ini masuk tv..

  104. Tuti says:

    Sekarang DUNIA BAHASA GADING SERPONG TUTUP SEPIHAK PADA TGL 1 AGUSTUS 2015 tanpa ada pemberitahuan ,berkas perkara sudah dilaporkan ke polsek kelapa 2,dan polda metro jaya.Hayy…..nyonya jenty kalau memang Dunia Bahasa bukan sebuah penipuan.tolong muncul temuin teman2 ……yg bahkan sudah membayar tetapi belum dapat haknya sama sekali.

Leave a Reply